Solusi Multiple libraries were found ESP32 Arduino

Multiple libraries were found ESP32 Arduino

Pada gambar diatas tampak error Multiple libraries were found ESP32 Arduino yang menandakan ada library yang double, sehingga tampak error seperti :

Multiple libraries were found for “SD.h” Used: /home/neon/.arduino15/packages/esp32/hardware/esp32/2.0.13/libraries/SD Not used: /home/neon/.arduino15/libraries/SD exit status 1 Compilation error: exit status 1

Pesan error yang Anda terima menunjukkan bahwa ada beberapa perpustakaan dengan nama yang sama, yaitu “SD.h,” yang saling bertentangan saat kompilasi dalam proyek Arduino Anda. IDE Arduino mengalami kesulitan menentukan perpustakaan mana yang harus digunakan.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mengikuti salah satu dari tindakan berikut:



Ubah Nama atau Hapus Salah Satu Library

Anda dapat mengubah nama salah satu perpustakaan “SD” atau “Servo” atau menghapusnya untuk menghilangkan konflik.

Mengubah nama salah satu perpustakaan adalah opsi yang lebih baik karena Anda mungkin memerlukan kedua perpustakaan tersebut untuk tujuan yang berbeda di masa depan.Misalnya, Anda dapat mengganti nama perpustakaan di /home/neon/.arduino15/packages/esp32/hardware/esp32/2.0.13/libraries/SD menjadi sesuatu seperti “SD_ESP32” sehingga tidak ada lagi konflik dengan perpustakaan lainnya.

Baca juga: ESP8266 TFT Tutorial Pemula



Tentukan Alamat Library dalam Sketch

Di dalam sketch Arduino Anda, Anda dapat dengan jelas menentukan jalur perpustakaan yang ingin Anda gunakan dengan menambahkan baris berikut di bagian atas sketch Anda (sebelum kode apa pun):

#include </jalur/ke/perpustakaan/SD.h>

Gantilah </jalur/ke/perpustakaan/SD.h> dengan jalur lengkap ke perpustakaan “SD.h” yang spesifik yang ingin Anda gunakan.



Hapus Perpustakaan yang Tidak Digunakan

Jika Anda yakin bahwa Anda hanya memerlukan salah satu perpustakaan “SD.h” dan tidak memerlukan yang lain, Anda dapat menghapus direktori perpustakaan yang tidak digunakan dari folder perpustakaan Arduino Anda.

Setelah melakukan salah satu perubahan ini, coba kompilasi kode Anda lagi, dan seharusnya pesan error tersebut sudah teratasi.

Similar Posts