could not find driver Connection: mysql

Ada dua kondisi error Could not find driver (Connection: mysql) yang terjadi saat pengembangan projek menggunakan Laravel. Pertama error ini terjadi di local (komputer kita) saat pengembangan kode program dilakukan. Kedua saat kode program laravel kita dijalankan di server (hosting). Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan dalam 2 hal tersebut.



Kondisi 2: Terjadi di Local (komputer)

Saat ingin menjalankan php artisan migrate, muncul error could not find driver Connection Mysql seperti ini:



Solusinya untuk memperbaiki permasalahan ini, cukup instalasi paket mysql. Untuk itu, gunakan perintah berikut:

sudo apt install php-mysql


Kondisi 2: Terjadi di Hosting (cPanel)

Kita dapat memperbaiki ini dengan masuk ke cPanel. Sekarang silahkan masuk ke cPanel, lalu cari MultiPHP Manager seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

could not find driver Connection: mysql Hosting cPanel

Di cPanel, biasanya menyediakan 2 jenis bundel PHP. Salah satunya adalah cPanel yang menyediakan Easy Apache PHP dan yang lainnya adalah CloudLinux yang menyediakan PHP Alternatif. Easy Apache yang disediakan PHP diberi nama ea-php dan CloudLinux diberi nama alt-php.

Perhatikan gambar berikut ini. Pilih website yang ingin diubah versi PHPnya (1), lalu cari versi php dengan alt-php (2). Lalu klik Apply (3).

could not find driver Connection: mysql Hosting cPanel

Sekarang, silahkan reload kembali website anda dan cek apakah error could not find driver Connection: mysql masih ada apa tidak. Seharusnya tidak ada error lagi.

Scroll to Top