|

Hidup dan Matikan LED Satu Tombol Arduino

Kontrol LED Dengan 1 Tombol

Dalam proyek elektronika, seringkali kita membutuhkan sebuah tombol untuk mengendalikan suatu perangkat seperti LED. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menyalakan dan memadamkan LED hanya dengan satu tombol menggunakan bahasa pemrograman Arduino.


Cara Menggunakan Tombol

Untuk menggunakan tombol, kita harus menghubungkan pin digital pada Arduino ke tombol yang akan digunakan. Rangkaian dasarnya adalah sebagai berikut:

Hidup dan Matikan LED Satu Tombol Arduino

Dalam gambar di atas, resistor pull-down adalah 10K Ohm. Untuk pin Arduino adalah pin 12 digunakan sebagai input untuk tombol danAnda dapat menggunakan pin yang lainnya.


Kode Program

int Led = 13;
int Button = 12;
int read_but, old_read_but, state = 0;

void setup() {
  pinMode (Led, OUTPUT);
  pinMode (Button, INPUT);
}

void loop() {
  read_but = digitalRead (Button);

  if ((read_but == HIGH) && (old_read_but == LOW)) {
    state = 1 - state;
    delay(10);
  }

  old_read_but = read_but;

  if (state == 1) {
    digitalWrite(Led, HIGH);
  }
  else
    digitalWrite(Led, LOW);

  delay(30);
}

Hasil


Penjelasan Kode Program

Kode program dalam bahasa pemrograman Arduino sangat sederhana dan mudah dipahami. Dalam kode program di atas, kita membuat variabel Led sebagai pin output untuk mengendalikan LED, dan variabel Button sebagai pin input untuk tombol. Variabel read_but dan old_read_but digunakan untuk membaca status tombol, serta variabel state untuk menyimpan status LED (1 untuk menyala, 0 untuk mati).

Pada fungsi loop(), kita membaca status tombol dengan memanggil digitalRead(Button) dan menyimpannya ke dalam variabel read_but. Kemudian, kita memeriksa apakah tombol baru saja ditekan (read_but == HIGH) dan sebelumnya tidak ditekan (old_read_but == LOW). Jika kondisi tersebut terpenuhi, maka kita mengubah status LED dengan menggunakan perintah state = 1 – state.

Setelah itu, kita memperbarui status tombol lama dengan memasukkan status tombol saat ini ke dalam variabel old_read_but. Terakhir, kita mengendalikan LED dengan memeriksa nilai state. Jika state bernilai 1, maka LED akan menyala, jika tidak maka LED akan mati.


Penutup

Dengan menggunakan kode program di atas, kita dapat mengendalikan LED hanya dengan satu tombol sesuai dengan keinginan kita. Dalam proyek elektronika, penggunaan tombol seperti ini sangat berguna dan sering digunakan. Semoga tutorial Hidup dan Matikan LED Satu Tombol Arduino ini bermanfaat bagi pembaca.

Similar Posts