Menyalakan LED dengan Push Button Arduino

Arduino adalah platform open source untuk pemrograman mikrokontroler yang digunakan untuk membuat berbagai macam proyek elektronik. Salah satu komponen dasar pada proyek Arduino adalah LED (Light Emitting Diode) dan push button. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menyalakan LED dengan push button pada Arduino.


Alat dan Bahan

Pertama-tama, kita akan membutuhkan beberapa komponen seperti:

  1. Arduino Uno
  2. Breadboard
  3. LED
  4. Push button
  5. Resistor 330 Ohm (untuk tahanan LED)
  6. Resistor 10K Ohm (untuk Resistor Pull Down)
  7. Kabel Jumper

Rangkaian

Setelah alat dan bahan disediakan, saanya kita rangkai semua bahan tersebut dengan langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan breadboard dan pasang LED dengan benar.
    • Pasang kaki anoda (positif) LED ke jalur baris atas breadboard.
    • Pasang kaki katoda (negatif) LED ke jalur baris bawah breadboard.
  2. Pasang push button pada breadboard.
    • Pasang push button pada jalur baris di sebelah kaki anoda LED.
    • Pastikan kaki push button terpasang dengan benar.
  3. Pasang resistor 330 Ohm pada jalur baris antara kaki anoda LED dan jalur jumper yang terhubung ke pin 13 pada Arduino Uno.
    • Kaki resistor satu dihubungkan ke jalur baris di sebelah kaki anoda LED.
    • Kaki resistor lainnya dihubungkan ke jalur jumper yang terhubung ke pin 13 pada Arduino Uno.
  4. Hubungkan kabel jumper dari kaki katoda LED ke jalur baris di sebelah kaki push button.
  5. Pasang kabel jumper dari kaki push button ke jalur baris di sebelah jalur jumper yang terhubung ke pin 2 pada Arduino Uno.
  6. Sambungkan Arduino Uno ke komputer Anda dengan menggunakan kabel USB.
  7. Jika telah dirangkai, anda akan melihat semuanya sebagai berikut:
Menyalakan LED dengan Push Button Arduino

Kode Program

Berikut adalah kode progrma dasar untuk membaca tombol / push button dan menyalakan LED. SIlahkan Copy dan Paste kan ke Arduino IDE anda, lalu klik tombol Upload. Pastikan anda telah menghubungkan arduino board ke komputer dan memilih port yang digunakan.

int led = 13;
int button = 2;
int state = 0;

void setup() {
  pinMode(led, OUTPUT);
  pinMode(button, INPUT);
}

void loop() {
  state = digitalRead(button);
  if (state == HIGH) {
    digitalWrite(led, HIGH);
  } else {
    digitalWrite(led, LOW);
  }
}

Penjelasan Kode Program

Kode program yang ditunjukkan adalah contoh program untuk menyalakan LED dengan push button pada Arduino Uno. Berikut adalah penjelasan untuk setiap baris kode:

  1. int led = 13; dan int button = 2; Dua baris ini mendeklarasikan variabel led dan button dengan tipe data integer. Variabel led menentukan pin output pada Arduino Uno yang akan digunakan untuk mengontrol LED, sedangkan variabel button menentukan pin input pada Arduino Uno yang akan digunakan untuk membaca status push button.
  2. int state = 0; Mendeklarasikan variabel state dengan nilai awal 0. Variabel ini akan digunakan untuk menyimpan status push button.
  3. void setup() {...} Ini adalah fungsi setup pada program Arduino. Fungsi ini hanya dijalankan sekali pada awal program dan digunakan untuk menetapkan pengaturan awal untuk pin pada Arduino. Pada program ini, pinMode() dipanggil dua kali untuk menetapkan pin led sebagai output dan pin button sebagai input.
  4. void loop() {...} Ini adalah fungsi loop pada program Arduino. Fungsi ini akan berulang terus-menerus setelah fungsi setup() selesai dieksekusi. Fungsi ini digunakan untuk menjalankan kode program utama pada Arduino. Pada program ini, pertama-tama dilakukan pembacaan status dari pin button dengan menggunakan digitalRead(). Nilai yang dikembalikan dari fungsi digitalRead() akan disimpan ke variabel state.
  5. if (state == HIGH) {...} else {...} Pada baris ini dilakukan pengecekan apakah state sama dengan HIGH. Jika kondisi ini terpenuhi, maka LED akan dinyalakan dengan menggunakan fungsi digitalWrite() dengan parameter HIGH. Jika kondisi tidak terpenuhi, LED akan dimatikan dengan menggunakan fungsi digitalWrite() dengan parameter LOW.

Program ini mengimplementasikan sebuah loop utama yang terus membaca status push button. Ketika push button ditekan, maka status state akan berubah menjadi HIGH dan LED akan dinyalakan. Ketika push button dilepaskan, status state akan berubah kembali menjadi LOW dan LED akan dimatikan. Dengan demikian, program ini akan menyalakan LED hanya ketika push button ditekan dan mematikan LED ketika push button dilepaskan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil menyalakan LED dengan push button pada Arduino Uno. Anda dapat mengembangkan proyek Anda lebih jauh dengan menambahkan sensor atau modul tambahan lainnya. Semoga bermanfaat!

Similar Posts