Apa itu Coordinated Universal Time (UTC)?

Waktu UTC

Coordinated Universal Time (UTC) adalah standar internasional untuk waktu yang disetujui oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO). UTC merupakan waktu yang dihitung berdasarkan rotasi Bumi terhadap sumbu kosmiknya, yang dipakai sebagai acuan waktu di seluruh dunia. UTC merupakan pengganti dari Greenwich Mean Time (GMT), yang merupakan waktu yang dihitung berdasarkan rotasi Bumi terhadap sumbu kosmiknya di lintang Greenwich, Inggris.

UTC digunakan sebagai acuan waktu di seluruh dunia untuk menentukan waktu yang sama di seluruh dunia. Waktu lokal di suatu tempat dapat dihitung dengan menambah atau mengurangi UTC dengan faktor waktu zona waktu (offset) yang berlaku di tempat tersebut. Misalnya, waktu lokal di Jakarta adalah UTC+7, artinya waktu lokal di Jakarta adalah 7 jam lebih cepat dari UTC.

UTC adalah waktu yang sangat akurat, dengan ketelitian hingga satuan nanodetik. UTC juga merupakan waktu yang tidak terpengaruh oleh Daylight Saving Time (DST) atau waktu musim panas, sehingga lebih mudah untuk digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan akurasi waktu yang tinggi.


Cara Menentukan Waktu UTC

UTC merupakan waktu yang dihitung dengan menggunakan sebuah jam atom yang diakui secara internasional sebagai sumber waktu yang paling akurat. Jam atom mengukur waktu dengan menggunakan resonansi elektron dalam atom, yang merupakan proses yang sangat stabil dan tidak terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal seperti suhu, tekanan, atau kelembaban.

UTC tidak memperhitungkan waktu musim panas (Daylight Saving Time atau DST). Jika suatu tempat menggunakan waktu musim panas, maka waktu lokal di tempat tersebut akan berbeda dengan UTC sebesar faktor offset yang berlaku untuk waktu musim panas tersebut. Misalnya, waktu lokal di Jakarta pada musim panas adalah UTC+7, sedangkan pada musim dingin adalah UTC+8.


Format Tanggal UTC

Berikut ini adalah contoh format tanggal dan waktu UTC yang umum digunakan:

  • YYYY-MM-DDTHH:mm:ssZ Contoh: 2021-01-08T22:30:15Z
  • YYYY-MM-DDTHH:mm:ss.sssZ Contoh: 2021-01-08T22:30:15.123Z
  • YYYYMMDDTHHmmssZ Contoh: 20210108T223015Z
  • YYYYMMDDTHHmmss.sssZ Contoh: 20210108T223015.123Z

Dalam format-format di atas, dimana:

  • YYYY adalah tahun dalam empat digit,
  • MM adalah bulan dalam dua digit,
  • DD adalah tanggal dalam dua digit,
  • HH adalah jam dalam dua digit,
  • mm adalah menit dalam dua digit,
  • ss adalah detik dalam dua digit,
  • sss adalah milidetik dalam tiga digit.
  • T merupakan pemisah antara tanggal dan waktu
  • Z menandakan bahwa waktu tersebut merupakan UTC.

Dimana UTC digunakan?

UTC juga digunakan sebagai acuan waktu dalam dunia navigasi, komunikasi, dan koordinasi kegiatan internasional. Beberapa contoh aplikasi UTC di dunia nyata adalah sistem navigasi Global Positioning System (GPS), sistem koordinasi kegiatan militer, dan sistem komunikasi antarbenua.

Meskipun UTC merupakan standar internasional untuk waktu, beberapa negara atau wilayah di dunia mungkin menggunakan waktu lokal yang berbeda dengan UTC. Negara-negara yang tidak mengikuti waktu musim panas (DST) umumnya menggunakan UTC sebagai waktu lokal mereka. Namun, negara-negara yang mengikuti waktu musim panas biasanya menetapkan faktor offset.

Semoga artikel Apa itu Coordinated Universal Time (UTC) ini bermanfaat.

Baca artikel yang bermanfaat lainnya:

Similar Posts