|

Apa Beda const int dan int Pada Arduino?

Beda const int dan int Arduino – “const int” dan “int” adalah dua tipe data yang digunakan dalam pemrograman Arduino, namun memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Saya akan menjelaskannya dalam bahasa yang sederhana.


Table of Contents

int

“int” adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat (integer) pada variabel. Variabel yang dideklarasikan sebagai “int” dapat diubah nilainya setiap saat. Contoh penggunaan “int” pada Arduino:

int x = 10;
x = x + 5;

di mana x adalah variabel yang dideklarasikan sebagai “int” dan nilainya dapat diubah dari 10 menjadi 15.


const int

Sedangkan “const int” adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan bulat (integer) pada variabel konstanta. Variabel yang dideklarasikan sebagai “const int” tidak dapat diubah nilainya setelah diinisialisasi. Jika kita mencoba mengubah nilai dari variabel yang dideklarasikan sebagai “const int” maka akan menyebabkan error. Contoh penggunaan “const int” pada Arduino:

const int x = 10;
x = x + 5; // akan menyebabkan error

Kesimpulan

Perbedaan utama antara “const int” dan “int” adalah bahwa “const int” adalah tipe data konstanta, yang artinya nilainya tidak dapat diubah setelah diinisialisasi, sedangkan “int” adalah tipe data yang dapat diubah nilainya setiap saat.

Secara umum, “const int” digunakan untuk menyimpan nilai yang tidak akan diubah selama proses eksekusi program, seperti konstanta matematika atau konstanta fisika. Sedangkan “int” digunakan untuk menyimpan nilai yang dapat diubah selama proses eksekusi program, seperti variabel yang digunakan untuk menghitung jumlah sesuatu atau untuk menyimpan status dari sebuah perangkat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam pemrograman Arduino.

Similar Posts