Cara Upgrade Versi PHP Laravel Projek

Cara Upgrade Versi PHP Laravel Projek

Upgrade Versi PHP Laravel – Saat ini saya sedang mencoba menjalankan projek laravel orang lain di komputer saya. Saat ingin menjalankan projek tersebut, muncul error seperti ini:

Your lock file does not contain a compatible set of packages. Please run composer update.
composer.json requires php ^7.2 but your php version (8.1.17) does not satisfy that requirement.

Untuk mengubah proyek Laravel dari PHP 7.2 ke PHP 8.1 di projek laravel, ada beberapa langkah yang perlu Anda kerjakan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  • Pastikan PHP 8.1 sudah terpasang:
    Pastikan Anda sudah menginstal PHP 8.1 di komputer Anda. Anda dapat memeriksa versi PHP yang terpasang dengan menjalankan perintah php -v di terminal atau command prompt.
  • Perbarui file composer.json:
    Buka file composer.json dalam proyek Laravel Anda. Di bagian require, perbarui versi PHP yang ditentukan ke "^8.1".
"require": {
    "php": "^8.1",
    ...
}
  • Perbarui paket:
    Di terminal atau command prompt, jalankan perintah composer update untuk memperbarui paket-paket yang digunakan dalam proyek. Composer akan memeriksa kecocokan versi PHP dan memperbarui paket-paket sesuai kebutuhan.
  • Cek kesalahan kompatibilitas
    Setelah memperbarui paket, Anda mungkin akan menemui beberapa kesalahan atau peringatan yang berkaitan dengan kompatibilitas PHP 8.1. Perbaiki kesalahan-kesalahan ini satu per satu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.
  • Uji proyek
    Setelah semua kesalahan dan peringatan teratasi, uji proyek Laravel Anda untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik di PHP 8.1. Jalankan perintah php artisan serve untuk memulai server pengembangan Laravel dan buka proyek di browser.
  • Tinjau perubahan PHP 7 ke 8.1
    Perhatikan bahwa ada beberapa perubahan dalam PHP antara versi 7 dan 8.1. Tinjau perubahan-perubahan ini untuk memastikan tidak ada perubahan yang signifikan yang mempengaruhi proyek Anda.

Baca juga: Linux Upgrade PHP 7 Menjadi Default PHP 8

Dengan langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat upgrade versi php Laravel dari PHP 7 ke PHP 8.1. Selalu penting untuk mencadangkan proyek Anda sebelum melakukan perubahan signifikan seperti ini, sehingga Anda dapat mengembalikan ke versi sebelumnya jika terjadi masalah.

Similar Posts