Upgrade Versi PHP CPanel Untuk Website Tertentu

Pada artikel ini kita akan belajar bagaimana cara mengubah atau downgrade atau upgrade Versi PHP CPanel Untuk Website Tertentu. Ini biasa digunakan pada developer dalam mengembangkan fitur pada aplikasi atau projek mereka.

Meng-upgrade versi PHP untuk website tertentu pada cPanel adalah langkah yang penting untuk meningkatkan keamanan dan kinerja website Anda. Namun, selalu ingat untuk melakukan backup website Anda sebelum melakukan upgrade dan periksa kompatibilitas website dengan versi PHP yang lebih baru sebelum mengambil langkah ini.

Jika Anda juga memiliki website lain yang di-hosting pada akun cPanel yang sama, pastikan untuk memeriksa dan memastikan bahwa website-website tersebut juga masih berfungsi dengan baik pada versi PHP yang lebih lama yang saat ini digunakan. Jika ada konflik atau masalah dengan website lain, Anda perlu memperbarui kode atau aplikasi yang digunakan di website tersebut agar sesuai dengan versi PHP yang lebih baru.


Menggunakan MultiPHP Manager di cPanel

cPanel menyediakan alat yang disebut “MultiPHP Manager” yang memungkinkan Anda mengatur versi PHP yang berbeda untuk setiap website yang di-hosting pada akun cPanel Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk meng-upgrade versi PHP untuk website tertentu menggunakan MultiPHP Manager:

Masuk ke akun cPanel Anda. Cari dan klik pada opsi “MultiPHP Manager” Seperti pada gambar berikut:

Upgrade Versi PHP CPanel Untuk Website Tertentu

Di halaman MultiPHP Manager, Anda akan melihat versi default PHP yang terpasang (1). Lalu dibawahnya terdapat daftar website yang di-hosting pada akun cPanel Anda bersama dengan versi PHP yang saat ini digunakan oleh masing-masing website.

Untuk merubah versi php pada suatu domain, pilih domain yang ingin diubah versi php dengan check pada kolom chechlist (2), lalu pilih versi PHP (3) dan klik “Apply” (4).

Upgrade Versi PHP CPanel Untuk Website Tertentu

cPanel akan menerapkan perubahan versi PHP untuk website yang telah Anda pilih. Proses ini biasanya berlangsung sebentar, dan Anda akan diberitahu ketika upgrade selesai.


Baca juga: Google Cloud Hosting vs Web Hosting


Uji Website Anda

Setelah meng-upgrade versi PHP untuk website tertentu, segera uji website tersebut untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik. Periksa setiap bagian penting dari website Anda, termasuk fitur-fitur utama dan halaman yang berbeda, untuk memastikan semuanya berfungsi seperti seharusnya.

Semoga artikel Upgrade Versi PHP CPanel Untuk Website Tertentu ini bermanfaat.

Scroll to Top