Upgrade PHP 8 Default gantikan PHP 7 Tutorial

Saat ini saya sedang menggunakan php7.4. Secara default, web server telah mengenal php7.4 merupakan php yang digunakan untuk proses pembuatan website. Namun, setelah saya install PHP 8.1 menggunakan perintah ini:

sudo apt install ca-certificates apt-transport-https software-properties-common
sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php
sudo apt update
sudo apt install php8.1

Saya cek melalui terminal dengan perintah php -v, versi yang terinstall adalah 8.1. Namun, web server masih menggunakan php 7.4.

Untuk itu, untuk menjadikan PHP 8.1 sebagai versi PHP default yang digunakan oleh Apache2, kita perlu melakukan beberapa langkah konfigurasi.

Pertama, matikan webserver Apache2 dengan perintah berikut:

sudo service apache2 stop

Lalu, aktifkan modul PHP 8.1 di Apache2:

sudo a2dismod php7.4
sudo a2enmod php8.1

Dimana:

  • Perintah pertama (a2dismod) akan menonaktifkan modul PHP 7.4
  • sedangkan perintah kedua (a2enmod) akan mengaktifkan modul PHP 8.1.

Atur prioritas modul PHP dengan perintah berikut:

sudo update-alternatives --set php /usr/bin/php8.1

Perintah ini akan mengatur /usr/bin/php (symlink ke binary PHP) untuk mengarah ke versi PHP 8.1.

Install ekstensi:

sudo apt install php8.1-common php8.1-mysql php8.1-xml php8.1-xmlrpc php8.1-curl php8.1-gd php8.1-imagick php8.1-cli php8.1-dev php8.1-imap php8.1-mbstring php8.1-opcache php8.1-soap php8.1-zip php8.1-intl -y

Aktifkan lagi web server Apache2:

sudo service apache2 start

Sekarang, PHP 8.1 akan menjadi versi default yang digunakan oleh Apache2. Anda dapat memverifikasi pengaturan ini dengan menjalankan perintah php -v untuk memastikan versi PHP yang ditampilkan adalah 8.1.

Pastikan juga untuk memeriksa konfigurasi situs Apache Anda (biasanya berada di direktori /etc/apache2/sites-available/) dan pastikan bahwa pengaturan AddHandler atau SetHandler menggunakan application/x-httpd-php tanpa versi tertentu, agar Apache menggunakan PHP 8.1 secara default.

Setelah semua langkah ini selesai, restart kembali server Apache2 agar perubahan konfigurasi diterapkan dengan sempurna.

Scroll to Top