Apa itu ModBUS dan bedanya dengan I2C, SPI, UART?

Pendahuluan

Apa itu ModBUS? Modbus adalah sebuah protokol komunikasi serial yang dikembangkan oleh Modicon (sekarang Schneider Electric) pada tahun 1979. Protokol ini digunakan untuk menghubungkan perangkat kontrol industri, seperti PLC (Programmable Logic Controller), HMI (Human Machine Interface), dan sensor. Protokol ini digunakan untuk memungkinkan perangkat-perangkat tersebut saling berkomunikasi dan berbagi data.

Protokol ini menjadi standar de facto dalam industri otomasi dan dapat digunakan pada berbagai jenis media komunikasi, seperti RS-232, RS-485, dan Ethernet. Modbus juga memiliki beberapa mode operasi, seperti Modbus RTU (komunikasi serial), Modbus ASCII (komunikasi teks), dan Modbus TCP (komunikasi Ethernet).

Apa itu ModBUS dan bedanya dengan I2C, SPI, UART?

Dalam artikel ini, akan dibahas secara mendalam mengenai protokol ini dan perbedaannya dengan protokol komunikasi lainnya pada mikrokontroler, seperti I2C, UART (TX RX), dan SPI.


Modbus

Modbus memungkinkan perangkat-perangkat dalam sebuah sistem otomasi saling berkomunikasi dan berbagi data, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja sistem tersebut. Protokol ini biasanya digunakan dalam sistem otomasi skala besar, seperti pabrik atau gedung bertingkat.

Karakteristik Modbus:

  • Memungkinkan banyak perangkat untuk terhubung ke dalam satu jaringan (bus) dan berkomunikasi dengan mikrokontroler.
  • Protokol ini memiliki beberapa mode operasi, seperti Modbus RTU (komunikasi serial), Modbus ASCII (komunikasi teks), dan Modbus TCP (komunikasi Ethernet).
  • Kecepatan transfer data dari protokol ini dapat mencapai hingga 115200 bps pada mode RTU.
  • Modbus dapat digunakan pada berbagai jenis media komunikasi, seperti RS-232, RS-485, dan Ethernet.

Perbedaan antara Modbus dengan I2C, UART (TX RX), dan SPI

I2C, UART (TX RX), dan SPI adalah protokol komunikasi yang sering digunakan pada mikrokontroler untuk saling berkomunikasi dengan perangkat lainnya dalam sebuah sistem. Berikut adalah perbedaan antara Modbus dengan protokol komunikasi tersebut:


I2C

I2C adalah protokol komunikasi yang biasanya digunakan untuk komunikasi dalam jarak dekat antara perangkat-perangkat dalam sebuah sistem. I2C biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa sensor atau IC ke dalam satu bus (jalur) yang sama dan berkomunikasi dengan mikrokontroler.

Perbedaan dengan I2C:

  • I2C biasanya digunakan untuk sistem skala kecil hingga menengah, sementara Modbus biasanya digunakan pada sistem skala besar.
  • I2C hanya menggunakan dua jalur (SDA dan SCL) untuk berkomunikasi, sementara Modbus memiliki lebih banyak jalur komunikasi yang dapat digunakan (tergantung pada jenis media komunikasi yang digunakan).
  • Kecepatan transfer data I2C lebih lambat dibandingkan dengan Modbus, biasanya dalam rentang 100 kbps hingga 400 kbps.

Baca juga: Apa itu I2C (Inter-Integrated Circuit) Konsep Dasar


UART (TX RX)

UART (Universal Asynchronous Receiver/Transmitter) adalah protokol komunikasi yang sering digunakan untuk menghubungkan mikrokontroler dengan perangkat lainnya melalui kabel serial. Protokol ini biasanya digunakan untuk mengirimkan data dalam bentuk teks dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Perbedaan dengan UART (TX RX):

  • UART (TX RX) hanya dapat digunakan untuk menghubungkan dua perangkat secara langsung, sementara Modbus dapat menghubungkan banyak perangkat dalam satu jaringan (bus).
  • Kecepatan transfer data UART (TX RX) biasanya lebih rendah dibandingkan dengan Modbus, karena hanya dapat mencapai hingga beberapa kbps.

SPI

SPI (Serial Peripheral Interface) adalah protokol komunikasi yang sering digunakan untuk menghubungkan mikrokontroler dengan perangkat lainnya melalui jalur SPI. Protokol ini biasanya digunakan untuk menghubungkan sensor, display, dan perangkat-perangkat lainnya ke dalam satu sistem.

Perbedaan dengan SPI:

  • SPI biasanya digunakan untuk sistem skala kecil hingga menengah, sementara Modbus biasanya digunakan pada sistem skala besar.
  • SPI hanya dapat digunakan untuk menghubungkan satu mikrokontroler dengan satu perangkat lainnya secara langsung, sementara Modbus dapat menghubungkan banyak perangkat dalam satu jaringan (bus).
  • Kecepatan transfer data SPI biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan Modbus, karena dapat mencapai hingga beberapa Mbps.

Baca juga : Jam Digital OLED SSD1306 Arduino + Game + Suhu


Kesimpulan

Modbus adalah protokol komunikasi yang sering digunakan dalam industri otomasi untuk menghubungkan perangkat-perangkat kontrol industri, seperti PLC, HMI, dan sensor. Protokol ini memungkinkan perangkat-perangkat tersebut saling berkomunikasi dan berbagi data, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja sistem.

Perbedaan antara protokol ini dengan protokol komunikasi lainnya pada mikrokontroler, seperti I2C, UART (TX RX), dan SPI, terletak pada skala sistem, jumlah perangkat yang dapat dihubungkan, jalur komunikasi yang digunakan, dan kecepatan transfer data. Oleh karena itu, dalam memilih protokol komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan sistem, harus dipertimbangkan faktor-faktor tersebut.

Scroll to Top