Membuat Web Server Node.js Secara Native

Membuat Web Server Node.js Secara Native


Node.js adalah lingkungan runtime JavaScript yang kuat dan sangat populer yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan kode JavaScript di sisi server. Salah satu penggunaan paling umum dari Node.js adalah untuk membangun web server yang cepat dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan belajar membuat web server dengan Node.js dari awal secara native atau nodejs murni tanpa ekstensi.



Mengapa Memilih Node.js untuk Membangun Web Server?

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkahnya, mari kita pertimbangkan beberapa alasan mengapa Node.js menjadi pilihan yang populer untuk membangun web server:

  1. Kinerja Tinggi
    Node.js dibangun di atas mesin JavaScript V8 yang dikembangkan oleh Google, yang sangat cepat dalam menjalankan kode JavaScript. Ini membuatnya sangat cocok untuk menangani permintaan HTTP yang datang ke server Anda dengan cepat.
  2. Skalabilitas
    Node.js dirancang untuk menangani banyak koneksi secara bersamaan secara efisien. Dengan model asinkronnya yang non-blokir, Node.js dapat menjalankan banyak operasi I/O tanpa menghentikan eksekusi kode lainnya, membuatnya sangat skalabel.
  3. Komunitas yang Besar
    Node.js memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang berarti ada banyak modul dan paket pihak ketiga yang tersedia untuk memperluas fungsionalitas server Anda.
  4. Kode JavaScript Sama
    Dengan menggunakan JavaScript di sisi klien dan server, Anda dapat menghindari perlu mempelajari bahasa pemrograman yang berbeda. Ini dapat mempercepat pengembangan dan memungkinkan penggunaan kode yang sama di kedua sisi.


Langkah-langkah Membangun Web Server dengan Node.js

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat web server dengan Node.js:



1. Instalasi Node.js

Langkah pertama adalah menginstal Node.js jika Anda belum melakukannya. Anda dapat mengunduh installer Node.js dari situs web resminya dan mengikuti petunjuk instalasinya.

Jika anda menggunakan Ubuntu Linux, anda dapat membaca panduan instalasinya disini.



2. Inisialisasi Proyek

Buat direktori untuk proyek Anda dan inisialisasi proyek dengan perintah npm init untuk membuat file package.json yang akan digunakan untuk mengelola dependensi proyek.

Setelah file package.json terbuat, didalam file package.json, tambahkan kode berikut:

"scripts": {
    "start": "node server.js"
  }


3. Membuat File Server

Buat file JavaScript untuk server Anda. Anda dapat menggunakan nama file dengan nama server.js (bisa diubah dengan nama yang lain, dan pastikan jika nama file diubah sesuai dengan script pada file package.json.

Di dalam file server.js ini, isikan script berikut:

const http = require('http');

const requestHandler = (request, response) => {
    response.setHeader('Content-Type', 'text/html');
    response.statusCode = 200;
    response.end('<h1>Selamat Datang di Server HTTP Sederhana!</h1>');
}

const server = http.createServer(requestHandler);
const port = 5000;
const host = 'localhost';

server.listen(port, host, () => {
    console.log(`Server aktif di http://${host}:${port}`);
});

4. Menjalankan Server

Jalankan server Anda dengan perintah node server.js. Ini akan menjalankan server Anda di port yang telah Anda tentukan (dalam contoh di atas, port 5000).



5. Uji Server Anda

Buka browser Anda dan kunjungi http://localhost:5000/. Jika berhasil anda akan melihat pesan “Selamat Datang di Server HTTP Sederhana!”.



6. Menambahkan Fungsionalitas

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan fungsionalitas tambahan sesuai kebutuhan proyek Anda. Anda dapat menggunakan berbagai modul dan paket Node.js untuk mengelola routing, basis data, dan lainnya.



Semoga artikel Membuat Web Server Node.js Secara Native ini bermanfaat.

Scroll to Top