Jadwal Rekrutmen BUMN 2023, Syarat dan Tips Lolos

Jadwal Rekrutmen BUMN 2023 Tips Lolos Seleksi
Sumber FHCIBUMN

Tentang BUMN

Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2023 – BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah perusahaan yang dimiliki dan dioperasikan oleh negara Indonesia. BUMN berperan penting dalam perekonomian Indonesia, dengan menjadi salah satu sumber daya utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sebagai perusahaan milik negara, BUMN bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai sektor, termasuk infrastruktur, energi, pertanian, keuangan, dan banyak lagi.

BUMN memainkan peran penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Salah satu peran penting BUMN adalah dalam hal investasi dan pengembangan infrastruktur. BUMN memegang peran penting dalam pembangunan infrastruktur Indonesia, termasuk jalan tol, pelabuhan, dan jaringan listrik. BUMN juga berperan penting dalam menjaga dan mengembangkan sumber daya alam Indonesia, seperti tambang, perkebunan, dan perikanan.

BUMN juga memberikan kontribusi besar dalam hal penciptaan lapangan kerja dan pengembangan SDM. BUMN memberikan kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari pusat perkotaan. BUMN juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, melalui program pelatihan dan pengembangan karyawan.


Jadwal Seleksi BUMN

Untuk mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan BUMN, para calon karyawan harus melewati beberapa tahapan seleksi yang ketat. Proses seleksi ini akan dimulai pada awal Mei 2023 dan akan berakhir pada pertengahan Agustus 2023. Berikut adalah jadwal lengkap dari setiap tahapan seleksi rekruitmen BUMN 2023:

  1. Registrasi (5-20 Mei 2023) Tahapan pertama dari seleksi rekruitmen BUMN 2023 adalah pendaftaran online. Calon karyawan dapat mendaftar melalui website resmi BUMN pada tanggal 5-20 Mei 2023. Setelah mendaftar, para calon karyawan akan mendapatkan nomor registrasi yang akan digunakan pada tahapan seleksi selanjutnya.
  2. Pengumuman Tahap Registrasi (1 Juni 2023) Pada tanggal 1 Juni 2023, BUMN akan mengumumkan daftar calon karyawan yang lolos seleksi tahap pertama. Calon karyawan yang lolos seleksi tahap pertama akan diberi tahu melalui email dan nomor registrasi mereka akan terdaftar pada situs web resmi BUMN.
  3. Tes TKD dan Akhlak (10-19 Juni 2023) Tahap kedua dari seleksi rekruitmen BUMN 2023 adalah tes TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan Akhlak. Tes TKD akan menilai kemampuan calon karyawan dalam hal kognitif dan kemampuan dasar seperti logika dan matematika. Sementara itu, tes Akhlak akan menilai ketaatan dan integritas calon karyawan. Tahap ini akan berlangsung pada tanggal 10-19 Juni 2023.
  4. Pengumuman Hasil Tes TKD dan Akhlak (28 Juni 2023) Hasil tes TKD dan Akhlak akan diumumkan pada tanggal 28 Juni 2023. Calon karyawan yang lolos seleksi tahap ini akan melanjutkan ke tahap berikutnya.
  5. Tes Bahasa Inggris (8-12 Juli 2023) Calon karyawan yang lolos seleksi tahap sebelumnya akan mengikuti tes Bahasa Inggris pada tanggal 8-12 Juli 2023. Tes Bahasa Inggris akan menilai kemampuan calon karyawan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam bahasa Inggris. Calon karyawan harus mencapai nilai minimal 450 pada tes ini.
  6. Pengumuman Hasil Tes Bahasa Inggris (19 Juli 2023) Hasil tes Bahasa Inggris akan diumumkan pada tanggal 19 Juli 2023. Calon karyawan yang lolos seleksi tahap ini akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  7. Tes oleh BUMN (22 Juli – 9 Agustus 2023) Tahap terakhir dari seleksi rekruitmen BUMN 2023 adalah tes oleh BUMN. Pada tahap ini, calon karyawan akan mengikuti beberapa tes seperti tes Kompetensi Bidang, User Interview, Sosmed Analytic & Digital, Mindset, dan MCU. Tes ini akan dilakukan pada tanggal 22 Juli – 9 Agustus 2023.
  8. Pengumuman Akhir (16 Agustus 2023) Setelah semua tahapan tes selesai dilaksanakan dan hasilnya sudah diumumkan, maka pada tanggal 16 Agustus 2023 akan dilakukan pengumuman akhir. Pengumuman ini akan menentukan siapa saja yang berhasil lolos seleksi dan dinyatakan diterima untuk bekerja di BUMN yang bersangkutan. Pengumuman akhir ini dapat diakses melalui website resmi BUMN tersebut atau melalui media sosial resmi BUMN.

Syarat Rekrutmen BUMN

Ada beberapa syarat rekrutmen BUMN yang harus dipenuhi agar dapat diterima sebagai karyawan BUMN. Berikut adalah syarat umum yang harus dipenuhi:

  1. Warga Negara Indonesia
    Syarat utama yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja BUMN adalah menjadi warga negara Indonesia untuk memberikan kesempatan kerja bagi warga negara Indonesia untuk memajukan ekonomi nasional.
  2. Usia maksimal (27-35 tahun)
    Untuk jenjang D3 (27 tahun), S1/D4 (30 tahun) dan S2 (35 tahun).
  3. IPK minimal 2,75
    BUMN membutuhkan IPK minimal 2,75 dari universitas terakreditasi yang baik.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
    Pelamar harus siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sesuai kebutuhan perusahaan.
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba
    Pelamar harus membuktikan bahwa mereka sehat jasmani dan rohani, serta tidak menggunakan narkoba.
  6. Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada)
    Dokumen SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian juga menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja BUMN. SKCK dikeluarkan oleh kepolisian setelah melakukan pengecekan terhadap riwayat pelamar. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan perusahaan dan mencegah terjadinya tindak kejahatan.
  7. Sertifikasi pelatihan dan rekomendasi pengalaman kerja
    Pelamar kerja BUMN yang memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, memiliki nilai tambah.

Tips untuk Lolos Seleksi Rekrutmen BUMN

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk lolos seleksi rekrutmen BUMN:

  1. Pelajari dan pahami persyaratan yang dibutuhkan untuk lowongan kerja BUMN yang kamu lamar. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan tersebut.
  2. Persiapkan diri sebaik mungkin untuk setiap tahapan tes yang ada, baik itu tes tertulis, wawancara, maupun tes kesehatan.
  3. Perbanyak latihan soal dengan mengikuti ujian simulasi online yang disediakan oleh BUMN atau dengan mencari soal-soal tes BUMN di internet.
  4. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan membaca buku dan artikel dalam bahasa Inggris, atau dengan mengikuti kursus bahasa Inggris.
  5. Jangan lupa untuk memperbaiki kepribadian dan akhlakmu. BUMN sangat memperhatikan hal ini dalam seleksi karyawannya.
  6. Jadilah pribadi yang positif, percaya diri, dan memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja di BUMN.

Baca juga : 4 Top Beasiswa S3 Dalam Negeri 2023

Jika kamu dinyatakan diterima, maka selamat! Kamu telah berhasil mengalahkan banyak pesaing dan masuk ke dalam tim BUMN. Selanjutnya, kamu akan diberikan informasi lebih lanjut mengenai proses onboarding, pelatihan, dan penugasan di BUMN tersebut.

Namun, jika kamu belum berhasil lolos seleksi, jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan lain untuk mencoba lagi di seleksi berikutnya. Pelajari kembali kelemahan-kelemahanmu pada tahapan tes sebelumnya dan perbaiki di seleksi berikutnya. Selain itu, kamu juga dapat mencari informasi mengenai lowongan kerja BUMN lain yang sesuai dengan keahlian dan minatmu.

Semoga artikel Jadwal Rekrutmen BUMN 2023 & Tips Lolos Seleksi ini bermanfaat.

Similar Posts