Intersection Blender Untuk Memotong Objek

Intersection dalam Blender

Salah satu fitur yang paling berguna dalam Blender adalah Intersection. Intersection memungkinkan Anda untuk dengan mudah menggabungkan dan memotong objek 3D, menciptakan geometri yang lebih kompleks, dan meningkatkan kualitas model Anda. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara menggunakan fitur Intersection dalam Blender untuk meningkatkan proyek 3D Anda.



Apa itu Intersection?

Sebelum kita memulai, mari kita pahami apa itu Intersection. Dalam konteks Blender, Intersection adalah operasi geometris yang memungkinkan Anda untuk memotong, menggabungkan, atau memotong bagian dari objek 3D yang tumpang tindih dengan objek lainnya. Dengan menggunakan Intersection, Anda dapat menciptakan model 3D yang lebih rumit, seperti menggabungkan beberapa objek atau menciptakan detail yang lebih halus.



Langkah 1: Membuat Objek

Langkah pertama sebelum menggunakan fitur Intersection adalah membuat objek-objek yang ingin Anda gabungkan atau potong. Anda dapat membuat objek baru dari awal menggunakan bentuk dasar seperti kubus, bola, atau silinder, atau mengimpor model yang telah Anda buat sebelumnya.

Pada contoh berikut, saya menyiapkan dua objek dengna nama objek pertama adalah Cylinder dan Cylinder.001 yang lebih panjang.

Intersection Blender Untuk Memotong Objek


Langkah 2: Tumpang Tindih Objek

Setelah Anda memiliki objek, pastikan objek-objek tersebut berpotongan. Misalnya, memiliki dua silinder yang saling berpotongan atau objek lainnya yang memiliki tumpang tindih seperti pada gambar berikut:

Intersection Blender Untuk Memotong Objek


Langkah 4: Seleksi Objek

Setelah objek-objek berada pada posisi yang diinginkan, Anda perlu memilih objek yang ingin Anda gabungkan atau potong. Sebagai contoh saya ingin membuat lubang pada objek Cylinder dengan ukuran Cylinder.001. Maka saya pilih objek Cylinder.

Intersection Blender Untuk Memotong Objek


Langkah 5: Operasi Intersection

Setelah objek-objek yang relevan telah dipilih, selanjutnya adalah melakukan operasi Intersection. Caranya adalah:

  • Klik Modifier (1)
  • Lalu Klik Add Modifier (2)
  • Pilih Boolean (3)
Intersection Blender Untuk Memotong Objek


  • Pilih objek, saya memilih objek Cylinder.001 karena ini sabagai acuan potongnya (4)
  • Lalu pilih Difference (5)
  • Terakhir pilih Apply (6)
Intersection Blender Untuk Memotong Objek


  • Sekarang, hapus objek Cylinder.001, maka akan tampak hasilnya sebagai berikut:


Baca juga: Install Blender tar.xz Di Ubuntu Linux



Selesai, dengan menggunakan fitur Intersection dalam Blender adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas model 3D Anda dengan cepat dan mudah. Dengan menggabungkan atau memotong objek-objek yang tumpang tindih, Anda dapat menciptakan geometri yang lebih rumit dan model yang lebih realistis. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam proyek.

Semoga artikel Intersection Blender Untuk Memotong Objek ini bermanfaat.