Install System Monitor GNOME di Elementary OS

Install System Monitor GNOME di Elementary OS
System Monitor GNOME di Elementary OS

Elementary OS

Elementary OS adalah distribusi Linux yang menawarkan pengalaman pengguna yang bersih dan elegan. Dibangun di atas Ubuntu, sistem operasi ini memiliki lingkungan desktop Pantheon yang dirancang untuk memberikan tampilan yang menarik dan intuitif. Namun, beberapa pengguna mungkin merasa kurang puas dengan kurangnya utilitas sistem bawaan seperti System Monitor yang umumnya hadir di distribusi Linux lainnya. Jika Anda adalah pengguna Elementary OS yang ingin memantau kinerja sistem dengan lebih detail, Anda dapat menginstal System Monitor GNOME, sebuah aplikasi yang kuat dan informatif untuk melacak penggunaan sumber daya pada sistem Anda.

Sebagai alat pemantauan sumber daya yang kuat, System Monitor GNOME menyediakan tampilan yang intuitif dan informatif tentang kinerja sistem Anda. Dengan antarmuka yang bersih dan sederhana, Anda dapat dengan mudah melihat penggunaan CPU, RAM, dan utilitas sistem lainnya. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melihat proses yang sedang berjalan, pemakaian jaringan, dan penggunaan penyimpanan dalam waktu nyata.



Baca juga: Install Elementary Tweak Tools di Elementary 5 dan 6



Install System Monitor GNOME

Pemasangan System Monitor GNOME di Elementary OS dapat dilakukan melalui terminal. Pastikan Anda terhubung ke internet, lalu buka terminal dengan menekan tombol “Super” pada keyboard dan ketik “Terminal”. Selanjutnya, jalankan perintah berikut untuk memastikan sistem Anda diperbarui:

sudo apt update

Setelah perintah di atas selesai, Anda dapat mulai proses instalasi System Monitor GNOME dengan mengetikkan:

sudo apt install gnome-system-monitor

Sistem Anda akan meminta password administratif untuk menyelesaikan proses instalasi.

Setelah System Monitor GNOME terpasang, Anda dapat mencarinya melalui menu aplikasi. Setelah dijalankan, Anda akan disambut oleh antarmuka yang bersih dan mudah dinavigasi. Di jendela utama aplikasi, Anda akan melihat beberapa tab yang menyediakan informasi berbeda tentang kinerja sistem Anda.



Baca juga: Buat Icon Launcher Elementary OS



Dengan System Monitor GNOME diinstal di Elementary OS, Anda dapat dengan mudah melacak kinerja sistem Anda dan mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul. Dengan fitur pemantauan sumber daya yang informatif dan mudah digunakan, Anda dapat mengoptimalkan kinerja sistem Anda dan mengatasi potensi masalah yang timbul dengan cepat.

Semoga artikel Install System Monitor GNOME di Elementary OS ini bermanfaat.

Similar Posts