Cara Install Grub Customizer Ubuntu Linux Mint

Grub-Customizer

Dalam artikel ini, saya akan memberikan langkah-langkah cara install grub customizer ubuntu atau Linux Mint agar Anda dapat memulai proses pengkustomisasi grub bootloader dengan cepat. Grub Customizer adalah aplikasi yang dapat mengkustomisasi tampilan dan pengaturan grub bootloader. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengubah latar belakang, tema, urutan boot, dan banyak lagi.



Buka Terminal

Membuka Terminal Pertama, buka terminal di Ubuntu atau Linux Mint Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T secara bersamaan.


Tambah Repository

Menambahkan Repository Grub Customizer Di terminal, ketik perintah berikut untuk menambahkan repository Grub Customizer:

sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer

Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi pengguna. Ketikkan kata sandi dan tekan Enter. Setelah itu, terminal akan mengunduh dan menambahkan repository Grub Customizer ke sistem Anda.



Update

Memperbarui Paket Setelah menambahkan repository, langkah selanjutnya adalah memperbarui daftar paket di sistem Anda. Ketik perintah berikut di terminal:

sudo apt update

Perintah ini akan memperbarui daftar paket Anda dengan versi terbaru dari perangkat lunak yang tersedia.



Install

Menginstal Grub Customizer Setelah memperbarui paket, saatnya menginstal Grub Customizer. Ketik perintah berikut di terminal:

sudo apt install grub-customizer

Anda akan diminta untuk mengonfirmasi instalasi dengan menekan ‘Y’. Terminal akan mulai mengunduh dan menginstal Grub Customizer di sistem Anda.



Buka Grub Customizer

Menjalankan Grub Customizer Setelah instalasi selesai, Anda dapat menjalankan Grub Customizer dengan mengetik perintah berikut di terminal:

sudo grub-customizer

Grub Customizer akan terbuka dengan antarmuka pengguna grafis yang memungkinkan Anda mengatur pengaturan grub bootloader sesuai keinginan Anda. Dengan mengikuti cara ini, Anda dapat dengan mudah install grub customizer ubuntu dan memulai pengkustomisasi grub bootloader.



Tidak bisa install? Coba install melalui .deb

Jika cara diatas tidak dapat dilakukan, anda masih bisa install grub-customizer melalui file .deb. Ikuti cara ini:

  1. Pergi ke halaman Paket Ubuntu
  2. Download file .deb nya
  3. Install file deb.

Semoga bermanfaat.

Similar Posts