Cara Install Flatpak Linux Mint dengan Mudah

Mengapa pakai Flatpak?

Dalam artikel ini, saya memberikan panduan lengkap tentang cara install Flatpak Linux Mint. Linux Mint adalah sistem operasi yang populer dan mudah digunakan oleh banyak pengguna Linux. Pada beberapa aplikasi yang tidak tersedia di repositori resmi Linux Mint. Misalnya untuk mendapatkan versi terbaru membuat pengguna kesulitan menginstal aplikasi tersebut.

Solusinya adalah menggunakan Flatpak, sebuah teknologi pengemasan aplikasi universal yang dapat dijalankan di berbagai distribusi Linux, termasuk Linux Mint. Anda dapat membaca lebih lengkap di Official Page dari Flatpak.

Cara Install Flatpak Linux Mint dengan Mudah

Langkah 1: Memperbarui Sistem

Sebelum install Flatpak, pastikan sistem Linux Mint Anda di update terlebih dahulu. Buka terminal dan gunakan perintah berikut ini:

sudo apt update && sudo apt upgrade

Langkah 2: Instal Paket Flatpak

Setelah sistem diperbarui, instal paket Flatpak dengan menjalankan perintah berikut:

sudo apt install flatpak

Langkah 3: Menambahkan Remote Repository Flathub

Flatpak menggunakan remote repository untuk menyimpan dan mendistribusikan aplikasi. Flathub adalah salah satu remote repository terbesar dan paling populer untuk aplikasi Flatpak.

Untuk menambahkan Flathub ke daftar remote repository Flatpak Anda, jalankan perintah berikut:

flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

Langkah 4: Instalasi Integrasi Flatpak (Opsional)

Jika Anda menggunakan desktop environment Linux Mint yang berbasis GNOME, seperti Cinnamon atau MATE, Anda perlu menginstal paket integrasi Flatpak agar dapat menginstal dan menjalankan aplikasi Flatpak melalui GNOME Software. Untuk menginstal paket integrasi Flatpak, jalankan perintah berikut:

sudo apt install gnome-software-plugin-flatpak

Langkah 5: Instal Aplikasi Flatpak

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda sudah siap menginstal aplikasi Flatpak. Untuk menginstal aplikasi Flatpak, gunakan perintah berikut:

flatpak install flathub [nama-aplikasi]

Ganti [nama-aplikasi] dengan nama aplikasi Flatpak yang ingin Anda instal. Sebagai contoh, jika Anda ingin menginstal aplikasi GIMP, jalankan perintah berikut:

flatpak install flathub org.gimp.GIMP

atau

flatpak install gimp-2.10.0-RC2-x86_64.flatpak


Kesimpulan

Flatpak adalah solusi yang berguna untuk menginstal aplikasi yang tidak tersedia di repositori Linux Mint. Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari cara menginstal Flatpak di Linux Mint dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda sekarang dapat menginstal aplikasi Flatpak dengan lebih mudah dan lebih cepat di Linux Mint.

Semoga artikel Install Flatpak Linux Mint ini bermanfaat dan membantu Anda untuk menginstal aplikasi dari Flatpak di Linux Mint anda.

Baca juga :

Similar Posts