gpg: keyserver receive failed: General error

Public key is not available Linux

Saat menambahkan repository di Linux Mint, Anda mungkin mengalami kesalahan “gpg: keyserver receive failed: General error.” yang menghalangi proses instalasi. Kesalahan ini umumnya disebabkan oleh kurangnya key publik yang diperlukan untuk memverifikasi paket. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah ini di Linux Mint.

Linux Mint adalah salah satu distribusi Linux yang populer, digunakan oleh banyak pengguna untuk keperluan sehari-hari. Namun, terkadang saat menambahkan repository baru, pengguna dapat menghadapi kesalahan “gpg: keyserver receive failed: General error.” yang menghalangi proses instalasi paket. Kesalahan ini terjadi karena kurangnya kunci publik yang diperlukan untuk memverifikasi paket yang akan diunduh.

Selain error diatas, juga muncul error seperti:

W: GPG error: http://ppa.launchpad.net/ondrej/php/ubuntu focal InRelease: The following signatures couldn’t be verified because the public key is not available: NO_PUBKEY 4F4A0AAE5267A6C

Untuk mengatasi kesalahan ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:



Buka Terminal

Buka terminal di Linux Mint Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T.



Lakukan Instalasi Paket

Ketik perintah berikut dan tekan Enter:

sudo apt install ca-certificates apt-transport-https software-properties-common

Perintah ini akan menginstal paket yang diperlukan untuk mengatasi masalah dengan kunci publik.



Ulangi Instalasi / Repository Sebelumnya

Setelah proses instalasi selesai, ketik ulang perintah yang sebelumnya menyebabkan kesalahan “gpg: keyserver receive failed: General error.” Jika semuanya berjalan dengan baik, sekarang kesalahan seharusnya tidak muncul lagi.



Baca juga : Upgrade PHP 8 dari PHP 7

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya sudah dapat mengatasi kesalahan “gpg: keyserver receive failed: General error.” di Linux Mint Anda. Sekarang Anda dapat melanjutkan untuk menambahkan repository tambahan dan menginstal perangkat lunak yang Anda inginkan.

Pastikan untuk memperhatikan langkah-langkah ini dengan hati-hati dan mengikuti instruksi yang diberikan. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat menghindari masalah dan menikmati pengalaman menggunakan Linux Mint yang lancar.

Semoga bermanfaat.

Scroll to Top