Convert HH:MM:SS to Decimal and Scientific Arduino

Waktu adalah aspek penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk mempermudah pengukuran waktu, berbagai format waktu telah dikembangkan dan digunakan di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Convert HH:MM:SS to Decimal dan format scientific. Kita akan menggunakan platform Arduino untuk melakukan konversi ini.

Convert HH:MM:SS to Decimal and Scientific Arduino

Konversi Waktu dari Format “HH:MM:SS” ke Format Jam Desimal

Format waktu “HH:MM:SS” adalah format waktu yang umum digunakan di seluruh dunia. Pada format ini, waktu dinyatakan dalam tiga komponen, yaitu jam, menit, dan detik. Untuk mengonversi waktu dari format “HH:MM:SS” ke format jam desimal, kita dapat menggunakan rumus berikut:

waktu_jam = jam + (menit / 60) + (detik / 3600)

Pada rumus di atas, kita mengonversi menit ke dalam jam dengan cara membaginya dengan 60 dan detik ke dalam jam dengan cara membaginya dengan 3600. Setelah itu, kita menambahkan hasil bagi tersebut dengan jam untuk mendapatkan waktu dalam format jam desimal.

Baca juga : Apa itu Akuisisi Data Pada Mikrokontroller?


Konversi Waktu dari Format Jam Desimal ke Format Jam Scientific

Format scientific adalah format yang umum digunakan dalam bidang sains dan teknologi. Pada format ini, bilangan diwakili dalam bentuk notasi ilmiah, yaitu dalam bentuk angka antara 1 dan 10 dikali dengan sepuluh pangkat tertentu. Untuk mengonversi waktu dari format jam desimal ke format scientific, kita dapat menggunakan rumus berikut:

waktu_scientific = waktu_jam / 24

Pada rumus di atas, kita membagi waktu dalam format jam desimal dengan 24 untuk mendapatkan waktu dalam format scientific.


Kode Program pada Arduino

Setelah kita mengetahui rumus untuk mengonversi waktu dari format “HH:MM:SS” ke format jam desimal dan format scientific, kita dapat mengimplementasikan program tersebut pada platform Arduino. Berikut adalah program yang dapat digunakan untuk mengonversi waktu dari format “07:45:00” menjadi format scientific “0.322916650772094”:

void setup() {
  Serial.begin(9600); // Mengatur komunikasi serial dengan kecepatan 9600 bps
}

void loop() {
  int jam = 7; // Jam dalam format 24 jam
  int menit = 45;
  int detik = 0;

  double waktu_jam = jam + (menit / 60.0) + (detik / 3600.0); // Menghitung waktu dalam format jam desimal

  double waktu_scientific = waktu_jam / 24.0; // Mengonversi waktu ke format scientific

  Serial.println(waktu_scientific, 15); // Menampilkan waktu dalam format scientific dengan 15 digit di belakang koma
  delay(1000); // Menunda program selama 1 detik
}

Baca juga : 8 Cara Konversi PDF ke JPG Rekomendasi

Silahkan anda upload kode program diatas dan lihat hasilnya melalui Serial Monitor. Demikianlah artikel Convert HH:MM:SS to Decimal and Scientific Arduino ini dibuat, semoga bermanfaat.

Similar Posts