Cek versi PHP XAMPP Terminal Ubuntu Linux

XAMPP adalah salah satu paket pengembangan web yang populer, yang mencakup Apache, MySQL, PHP, dan Perl. Jika Anda menggunakan XAMPP sebagai lingkungan pengembangan web di Linux Ubuntu, mungkin Anda ingin cek versi PHP yang terpasang melalui XAMPP melalui terminal ubuntu linux. Artikel ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.



Langkah 1: Buka Terminal di Ubuntu

Langkah pertama adalah membuka terminal di Ubuntu. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Tekan Ctrl + Alt + T pada keyboard Ubuntu untuk membuka terminal, atau
  2. Cari aplikasi Terminal di launcher Ubuntu dan klik untuk membukanya.


Langkah 2: Ketik Perintah

Setelah Anda membuka terminal, ketik perintah berikut ini:

/opt/lampp/bin/php -v

Perintah di atas akan memberikan informasi tentang versi PHP yang terpasang melalui XAMPP di Ubuntu Linux Anda. Pastikan bahwa direktori instalasi XAMPP Anda adalah /opt/lampp/. Jika Anda menggunakan direktori instalasi yang berbeda, sesuaikan perintah di atas dengan direktori yang sesuai pada sistem Anda.

Selain itu, jika Anda perlu izin akses root untuk menjalankan perintah, Anda dapat menggunakan perintah berikut ini:

sudo /opt/lampp/bin/php -v

Perintah ini menggunakan sudo untuk mendapatkan izin akses root yang diperlukan untuk menjalankan perintah di direktori instalasi XAMPP.



Langkah 3: Periksa Versi PHP

Setelah Anda mengetik perintah di terminal, tekan tombol Enter pada keyboard. Informasi versi PHP yang terpasang melalui XAMPP akan ditampilkan di terminal. Anda dapat melihat versi PHP dan informasi lainnya seperti pengaturan konfigurasi dan ekstensi yang aktif.

Misalnya, hasil output yang mungkin Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

PHP 7.4.23 (cli) (built: Sep  1 2021 12:14:21) ( NTS )

Dalam contoh di atas, versi PHP yang terpasang adalah 7.4.23. Anda dapat memeriksa nomor versi yang ditampilkan untuk mengetahui versi PHP XAMPP yang sedang Anda gunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa versi PHP XAMPP melalui terminal di Linux Ubuntu. Memeriksa versi PHP sangat penting untuk memastikan bahwa lingkungan pengembangan web Anda berjalan dengan versi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Semoga artikel Cek versi PHP XAMPP Terminal Ubuntu Linux ini bermanfaat.

Scroll to Top