Cara Install TLP GUI Ubuntu Linux

Cara Install TLP GUI Ubuntu Linux

Mengapa kita Install TLP GUI?

Pada artikel ini kita akan Install TLP GUI di Ubuntu. TLPUI adalah aplikasi TLP GUI yang dikelola oleh LinuxPrising. TLP sendiri merupakan sebuah utilitas di linux yang dapat mengatur penggunaan daya laptop, baik dari baterai ataupun dari Power Input (charger). TLP bekerja dengan memodifikasi kernel sehingga akan berpengaruh pada konsumsi daya laptop.

TLP juga dapat mengatasi overheat pada sebagaian laptop, sebagaimana pengalaman saya dalam menggunakan linux varian ubuntu di Laptop Asus ROG (baca artikel paling bawah).

Pada dasarnya, untuk dapat menggunakan TLP dalam mengatur penggunaan daya, harus menggunakan terminal dengan beberpa perintah. Bagi pengguna dasar, mungkin akan membingunkan (begitupun saya) dalam menggunakan perintah-perintah.

Dari itu, pada artikel ini saya akan membagikan cara install TLP dan mengaturnya via GUI (aplikasi). Jadi anda tidak lagi menggunakan terminal untuk merubah pengaturan TLP .



Install TLPUI Ubuntu dan Mint

Pada tanggal 18 Februari 2020, TLPUI telah diupdate sehingga bisa menggunakan TLP terbaru yaitu TLP1.3 (sumber linuxprising.com).

Untuk install TLPUI , kita dapat menggunakan PPA. PPA atau Personal Package Archive adalah repositori aplikasi yang dikkelola oleh pribadi.

Versi ubuntu yang didukung adalah Ubuntu 16.04 dan setelahnya serta linux mint 18 setelahnya. 

Pada saya telah menguji coba install TLP versi GUI pada linux Pop OS 20.04, berbasis ubuntu 20.04 dan berhasil. Untuk instalasinya, silahkan buka terminal dan masukkan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:linuxuprising/apps
sudo apt update
sudo apt install tlpui


Cara Mengatasi Overheat Linux

Beberapa laptop tidak mendukung sepenuhnya sistem operasi linux. Beberapa diantaranya bermasalah dengan Kernel. Salah satu laptop yang banyak permasalahannya dengan linux adalah Asus. Anda dapat membaca beberapa forum, mereka banyak mengeluhkan linux tidak berjalan di laptop asus.

Saya pun demikian, hal yang paling saya rasakan adalah overheat. Lebih dari 20 distro linux yang telah saya coba, permalasahannya adalah overheat!. Setelah saya mencari tahu, saya mendapatkan beberapa permasalahan dan cara memperbaikinya, di antaranya:

  • Power management tidak bekerja dengan baik
  • CPU Scalling yang tidak tepat
  • Menggunakan Kernel 5.3.0-53-generic

Saya telah menulis artikel cara memperbaiki overheat , anda dapat membaca artikel tersebut disini. Semoga bermanfaat.

Sumber : LinuxPrising.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top