Cara Install Font TTF di Ubuntu Melalui Terminal

Cara Install Font TTF di Ubuntu Melalui Terminal
True Type Font (TTF) – Sumber Wikipedia

Pada artikel ini saya akan memandu anda untuk melakukan install font dengan format ttf di Ubuntu hanya melalui terminal. Untuk menginstal font TTF di Ubuntu melalui terminal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:



Langkah 1: Siapkan file .ttf

Pastikan Anda memiliki file font TTF yang ingin diinstal. Jika belum punya, Anda bisa mencarinya secara online atau mendapatkan dari sumber lain.



Langkah 2: Buka Terminal

Buka terminal dengan cara menekan Ctrl + Alt + T pada keyboard. Ini akan membuka jendela terminal.

Masuk sebagai pengguna root atau gunakan perintah sudo untuk menginstal font secara global. Ketikkan perintah berikut di terminal dan masukkan kata sandi jika diminta:

sudo su


Langkah 3: Pindahkan file .ttf

Pindahkan atau salin file font TTF ke direktori font sistem. Direktori font sistem biasanya ada di /usr/share/fonts/truetype/. Misalnya, jika font TTF yang ingin Anda instal bernama “FontBaru.ttf” dan berada di direktori “Downloads” di folder pengguna Anda, maka gunakan perintah berikut:

cp ~/Downloads/FontBaru.ttf /usr/share/fonts/truetype/

Setelah memindahkan file font TTF, Anda perlu memperbarui database font dengan menjalankan perintah berikut:

sudo fc-cache -f -v

Perintah di atas akan memberi tahu Fontconfig untuk memperbarui cache font dengan font baru yang telah Anda tambahkan. Sekarang font TTF harus sudah terinstal di sistem Ubuntu Anda dan siap digunakan.



Tips

Jika Anda ingin menginstal font TTF untuk pengguna tertentu (bukan secara global), langkah-langkahnya hampir sama. Anda hanya perlu memindahkan file font TTF ke direktori font pengguna, misalnya ~/.local/share/fonts/, dan menjalankan perintah fc-cache tanpa perlu menggunakan sudo.

Catatan: Jika Anda tidak ingin lagi menggunakan hak akses root setelah selesai menginstal font, Anda dapat mengetikkan exit di terminal untuk keluar dari sesi root.

Baca juga: Install Microsoft Font Times New Roman Ubuntu

Sekarang Anda sudah berhasil menginstal font TTF di Ubuntu melalui terminal. Anda dapat menggunakannya di berbagai aplikasi seperti pengolah kata, editor teks, dan program lain yang memungkinkan Anda untuk memilih font. Semoga artikel Cara Install Font TTF di Ubuntu Melalui Terminal ini bermanfaat

Similar Posts