Beda UI UX Designer dan Tools Yang Digunakan

Apa itu UI dan UX?

Apa Beda UI UX Designer dan Tools apa saja yang umumnya digunakan para desainer UI/UX? – UI (User Interface) dan UX (User Experience) adalah dua konsep penting dalam desain produk digital maupun non-digital. Konsep ini sangat penting karena mempengaruhi bagaimana produk terlihat dan bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan produk, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pengalaman mereka. Oleh karena itu, konsep UI dan UX diterapkan dalam desain produk untuk memastikan bahwa produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna.

Beda UI UX Designer dan Tools Yang Digunakan
Ilustrasi foto oleh Fabian Wiktor

Perbedaan UI dan UX

UI dan UX memiliki perbedaan yang jelas, meskipun keduanya saling berkaitan. Berikut adalah perbedaan UI dan UX dalam tabel:

UI (User Interface)UX (User Experience)
Desain visual produkPengalaman pengguna dalam menggunakan produk
Bagaimana produk terlihatBagaimana produk digunakan
Melibatkan elemen seperti warna, tipografi, ikon, dll.Melibatkan bagaimana produk dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna, bagaimana produk dapat membuat pengguna merasa nyaman dan puas saat menggunakannya.

Penerapan UI dan UX

Penerapan UI dan UX tidak hanya terbatas pada pengembangan aplikasi software atau web saja. Konsep ini dapat diterapkan pada berbagai produk digital maupun non-digital, seperti produk elektronik, peralatan rumah tangga, atau bahkan produk fisik seperti mobil atau alat transportasi. Tujuannya sama, yaitu untuk memastikan bahwa produk tersebut mudah digunakan dan memuaskan bagi penggunanya.


Tools untuk UI dan UX

Ada banyak tools yang dapat membantu dalam pembuatan UI dan UX. Berikut adalah beberapa tools yang sering digunakan:

Untuk UI:

  • Sketch
  • Adobe XD
  • Figma
  • InVision Studio
  • Affinity Designer

Untuk UX:

  • Axure
  • Balsamiq
  • Marvel App
  • InVision
  • UXPin

Ini hanya beberapa contoh, masih banyak tools lain yang tersedia. Pemilihan tool tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing tim atau individu. Beberapa tool juga memiliki fitur gabungan untuk UI dan UX design, sehingga memudahkan kolaborasi antar tim.

Baca juga:


Sumber Inspirasi

Berikut adalah beberapa website yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mendapatkan inspirasi dalam desain UI dan UX:

  1. Dribbble: Situs ini menawarkan kurasi desain terbaik dari desainer profesional seluruh dunia.
  2. Behance: Platform ini menyediakan galeri desain yang mencakup berbagai proyek desain, termasuk UI dan UX.
  3. Awwwards: Situs ini mengumpulkan dan memberikan penghargaan untuk desain website terbaik.
  4. UX Design Awards: Situs ini menyediakan koleksi desain UX terbaik yang telah memenangkan penghargaan.
  5. Muzli Design Inspiration: Platform ini menawarkan sumber inspirasi untuk desain produk digital, termasuk UI dan UX.
  6. Pinterest: Anda dapat menemukan banyak papan desain yang berfokus pada UI dan UX.

Dengan menjelajahi website-website ini, Anda dapat menemukan banyak inspirasi dan ide-ide desain untuk memperbaiki dan meningkatkan desain UI dan UX produk Anda.


Penutup

UI dan UX adalah konsep pentan yang sangat penting dalam desain produk. Konsep ini mempengaruhi bagaimana produk terlihat dan bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan produk, dan pada akhirnya mempengaruhi pengalaman mereka. Oleh karena itu, konsep UI dan UX diterapkan dalam desain produk untuk memastikan bahwa produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna.

Tools seperti Sketch, Adobe XD, Figma, dan banyak lagi, dapat membantu dalam pembuatan UI. Sementara tools seperti Axure, Balsamiq, dan Marvel App dapat membantu dalam pembuatan UX. Penerapan UI dan UX tidak hanya terbatas pada pengembangan aplikasi software atau web saja, tetapi juga dapat diterapkan pada berbagai jenis produk, baik digital maupun non-digital.

Penting untuk menyadari bahwa UI dan UX saling berkaitan dan merupakan bagian dari proses desain produk yang komprehensif. Oleh karena itu, tim desain harus bekerja sama dalam menentukan solusi desain terbaik untuk produk yang dibuat.

Dengan demikian, desain produk yang baik harus memperhatikan UI dan UX sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses desain. Ini akan memastikan bahwa produk tersebut nyaman dan memuaskan bagi pengguna, serta memenuhi tujuannya dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top