Baterai SR2032 dan CR2032 apa bedanya?

Apa beda baterai SR2032 dan CR2032?
Ilustrasi baterai kancing 2032 – Pixabay

Baterai Kancing

Baterai SR2032 dan CR2032 adalah dua jenis baterai seng oksida yang sering digunakan pada perangkat elektronik seperti jam tangan, remote, dan perangkat portabel lainnya. Baterai ini juga sering disebut dengan baterai kancing. Meskipun keduanya memiliki spesifikasi yang sama, ada beberapa perbedaan antara kedua baterai ini yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasan detail perbedaan antara keduanya.


Produsen

SR2032 adalah jenis baterai seng oksida yang diproduksi oleh Sony, sementara CR2032 diproduksi oleh banyak produsen baterai seperti Energizer, Panasonic, Duracell, dan lain-lain. Karena tipe CR diproduksi oleh banyak produsen, maka lebih mudah ditemukan di pasaran dan memiliki harga yang lebih kompetitif.


Kode Identifikasi

SR2032 dan CR2032 memiliki ukuran dan spesifikasi yang sama, yaitu 20mm diameter dan 3.2mm tebal. Namun, kode identifikasi yang digunakan oleh kedua baterai berbeda. SR adalah kode yang digunakan oleh Sony untuk baterai seng oksida 20mm x 3.2mm, sedangkan CR adalah kode yang digunakan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) untuk mengidentifikasi baterai seng oksida dengan ukuran yang sama.


Kapasitas

Meskipun kedua baterai ini memiliki ukuran dan spesifikasi yang sama, namun kapasitas keduanya dapat berbeda. Kapasitas baterai diukur dalam ampere jam (mAh). SR2032 biasanya memiliki kapasitas yang lebih rendah dari CR2032. Kapasitas SR2032 berkisar antara 140-170 mAh, sedangkan kapasitas CR2032 berkisar antara 220-240 mAh. Hal ini membuat CR lebih tahan lama dan dapat digunakan lebih lama dibandingkan dengan SR.

Baca juga : Perbedaan Ampere (A) dan Ampere Hour (Ah)


Harga

Karena SR2032 hanya diproduksi oleh Sony, maka harganya biasanya lebih mahal dibandingkan dengan tipe CR yang diproduksi oleh banyak produsen. Harga SR bisa dua hingga tiga kali lebih mahal daripada harga CR yang dapat ditemukan di banyak toko baterai.


Kinerja

Meskipun keduanya memiliki spesifikasi yang sama, namun kinerjanya dapat berbeda tergantung pada merek dan kualitas dari masing-masing baterai. CR2032 biasanya memiliki kinerja yang lebih stabil dan tahan lama dibandingkan dengan SR2032.

Baca juga: Beda Arus AC dan DC


Kesimpulannya

Kedua baterai kancing ini memiliki ukuran dan spesifikasi yang sama, namun terdapat beberapa perbedaan antara keduanya seperti produsen, kode identifikasi, kapasitas, harga, dan kinerja. Ketika memilih antara SR2032 dan CR2032, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut untuk memilih baterai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Similar Posts