Tutorial Arduino RFID RC522 Dasar

Apa itu RFID?

Tutorial Arduino RFID RC522 – RFID (Radio Frequency Identification) adalah sebuah perangkat yang memanfaatkan gelombang radio untuk identifikasi suatu kode atau ID pada perangkat tertentu tanpa kabel.

Perangkat RFID terdiri atas tag (label) dan pembaca (reader). Tag berisi chip dan antenna didalamnya, serta menyimpan nomor ID. Setiap tag satu dan lainnya,  memiliki nomor ID yang berbeda. Reader berisi antenna dan sistem baca ID tag. 

Lalu, bagaimana reader bisa membaca ID dari tag, sedangkan tag tidak memiliki baterai? Mari kita bedah bagaimana RFID bekerja.


Prinsip Kerja RFID RC522

Prinsip kerja sama seperti wirelesss charging pada smartphone. Antenna dari Reader akan membangkitkan dan memancarkan gelombang radio dalam jarak tertentu.

Ketika tag mendekati gelombang pancaran dari reader, maka antena tag menerima gelombang radio dan mengubahnya menjadi tegangan listrik, sehingga akan menghidupkan chip.

Bila chip aktif, maka chip akan membangkitkan gelombang radio yang berisikan data ID. bila reader membaca ID dari tag, maka kontroller akan bekerja sesuai program yang diperintahkan. 

Sebagai contoh, sistem partkir menggunakan kartu. Bila kartu (tag) didekatkan pada reader, maka kontroller akan memerintahkan motor yang ada pada gerbang untuk mengangkat palang pintu masuk, sehingga kita bisa masuk kedalam area parkir. 

Salah satu RFID Reader yang populer adalah RFID-RC522. RFID Reader menggunakan chip MFRC522 buatan NXP Semiconductor. Chip memiliki sistem komunikasi tanpa kontak langsung dengan frekuensi 13.56 MHz.

RFID-RC522 memiliki fitur:

  • Tegangan kerja 2.5 – 3.3V
  • Mendukung ISO/IEC 14443 A/MIFARE and NTAG
  • Mendukung MF1xxS20, MF1xxS70 and MF1xxS50 encryption in Read/Write mode
  • Mendukung ISO/IEC 14443 A higher transfer speed communication up to 848 kBd
  • Mendukung MFIN/MFOUT
  • Komunikasi I2C, SPI dan Serial UART
  • Selengkapnya silahkan baca MFRC522 Datasheet.

Library RFID RC522 Arduino

Sekarang mari kita membuat perangkat bisa membaca ID dari tag. Untuk dapat melakukan ini dengan Arduino, kita membutuhkan sebuah library. Jika tidak menggunakan library pada arduino, pemrograman akan menjadi sangat panjang. Untuk itu silahkan download library RFID-RC522 berikut:


Setelah library tersebut selesai di download, silahkan masukkan kedalam Arduino IDE. Jika anda belum mengetahui cara memasukkan library ke Arduino IDe, silahkan baca artikel Cara Menambahkan Library Arduino IDE.


Rangkaian RFID RC522 Arduino

Sekarang, mari rangkai RFID RC522 ke Arduino. Gunakan rangkaian berikut untuk panduan anda:

Cara Baca ID RFID RC522 dengan Arduino Uno
Rangkaian RFID Arduino

Jika gambar rangkaian diatas kurang jelas, anda dapat mengunakan tabel koneksi berikut:

Arduino UnoRFID-RC522
3.3V3.3V
GNDGND
13SCK
12MISO
11MOSI
10SDA
9RST

Kode Program Dasar Membaca ID RFID RC522

Progam dibawah merupakan program dasar untuk membaca ID dari tag. Jika program sudah bisa di kuasai, teman-teman bisa menggunakan sebagai pengembangan program lain . Silahkan copy code berikut, paste kan ke Arduino IDE dan upload ke Arduino anda:

#include <SPI.h>
#include <MFRC522.h>

#define SS_PIN 10
#define RST_PIN 9
MFRC522 mfrc522(SS_PIN, RST_PIN);

void setup()
{

  Serial.begin(9600);
  SPI.begin();
  mfrc522.PCD_Init();
  Serial.println("Dekatkan Tag RFID (Dapat berupa kartu atau gantungan kunci) ke RFID reader");
  Serial.println();

}
void loop()
{
   if ( ! mfrc522.PICC_IsNewCardPresent())
  {
    return;
  }
  if ( ! mfrc522.PICC_ReadCardSerial())
  {
    return;
  }
  Serial.print("UID tag :");
  String content= "";
  byte letter;
  for (byte i = 0; i < mfrc522.uid.size; i++)
  {
     Serial.print(mfrc522.uid.uidByte[i] < 0x10 ? " 0" : " ");
     Serial.print(mfrc522.uid.uidByte[i], HEX);
     content.concat(String(mfrc522.uid.uidByte[i] < 0x10 ? " 0" : " "));
     content.concat(String(mfrc522.uid.uidByte[i], HEX));
  }
  Serial.println();
  delay(2000);
}

Setelah program diupload, buka serial monitor. Dekatkan salah satu tag ke RFID RC522 Arduino, maka akan tampil nomor ID dari tag.

Sebagai contoh saya mendekatkan satu tag ke RFID RC552 Arduino dan saya dapati ID dari tag saya adalah 5A 86 34 00 seperti pada gambar berikut:

Cara Membaca ID RFID RC522 dengan Arduino Uno

Sampai saat ini, anda telah memahami cara kerja dari RFID dan cara membaca ID yang berada didalam Tag. Selanjutnya, mari kita belajar beberapa projek RFID seperti:

Jika bermanfaat, anda dapat membagikan artikel Cara Membaca ID RFID RC522 dengan Arduino Uno kepada teman-teman yang lain menggunakan tombol berbagi yang tersedia dibawah tulisan .

Pencarian yang serupa:

Similar Posts