Arduino RFID KTP Elektronik Hidupkan Lampu

KTP Elektronik Sebagai RFID Tag

Arduino RFID KTP Elektronik – Dalam era teknologi modern saat ini, KTP Elektronik telah menjadi keharusan bagi warga negara Indonesia. KTP Elektronik menyimpan informasi pribadi penting seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan nomor KTP. Namun, selain itu, KTP Elektronik juga memiliki kegunaan lain yang bisa dimanfaatkan oleh para penggemar teknologi yaitu sebagai tag RFID.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara menghidupkan lampu dengan menggunakan KTP Elektronik sebagai tag RFID. Kita akan menggunakan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman Arduino dan menggunakan modul RFID MFRC522.

Baca juga : RC522 Arduino RFID Hidupkan Lampu LED


Alat dan Bahan

Pertama, kita akan memerlukan beberapa komponen:

  • Arduino Uno
  • Modul RFID MFRC522
  • Kabel Jumper
  • Lampu
  • Fitting
  • Relay

Rangkaian

Untuk membuat alat ini, ada 2 rangkaian yang dibutuhkan yaitu Rangkaian RFID RC522 ke Arduino dan Arduino ke Modul Relay.

Untuk Rangkaian RFID Arduino, silahkan anda lihat pada artikel ini. Untuk rangkaian Arduino Relay module dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Arduino Hidupkan Lampu Dengan KTP Elektronik

Kode Program

Kode program dibawah ini merupakan kode program dari artikel RC522 Arduino RFID Hidupkan Lampu LED. Perbedaannya adalah jumlah ID tag dari KTP Elektronik lebih panjang dibandingkan dengan ID tag bawaan dari modul RC-522 RFID.

Untuk artikel ini, ID dari KTP saya adalah : “04656312d10d80”. Untuk melihat ID dari KTP anda, silahkan gunakan kode program berikut ini dan upload ke Arduino anda, lalu buka Serial Monitor. Anda akan melihat ID ketika KTP didekatkan ke RFID reader.

Kode program dibawah juga digunakan untuk menghidupkan Lampu saat KTP didekatkan ke RFID. SIlahkan ganti ID KTP menjadi ID KTP anda:

#include <SPI.h>
#include <MFRC522.h>

#define SS_PIN 10
#define RST_PIN 9
MFRC522 mfrc522(SS_PIN, RST_PIN);

#define RELAY_PIN 8

bool kondisi = false;
String idKtp = "04656312d10d80";

void setup() {
  Serial.begin(9600);
  pinMode(RELAY_PIN, OUTPUT);
  delay(500);

  SPI.begin();
  mfrc522.PCD_Init();
  Serial.println("Arahkan tag RFID ke reader");
  Serial.println();
}

void loop() {
  if ( ! mfrc522.PICC_IsNewCardPresent()) {
    return;
  }

  if ( ! mfrc522.PICC_ReadCardSerial()) {
    return;
  }

  String content = "";
  for (byte i = 0; i < mfrc522.uid.size; i++) {
    content.concat(String(mfrc522.uid.uidByte[i] < 0x10 ? "0" : ""));
    content.concat(String(mfrc522.uid.uidByte[i], HEX));
  }
  delay(100);

  Serial.print("UID tag: ");
  Serial.println(content);


  if (content == idKtp && kondisi == false) {
    digitalWrite(RELAY_PIN, HIGH);
    delay(2000);
    kondisi = true;
    content = "";
  }

  if (content == idKtp  && kondisi == true) {
    digitalWrite(RELAY_PIN, LOW);
    delay(2000);
    kondisi = false;
    content = "";
  }
}

Program di atas akan membaca tag RFID yang didekatkan ke modul MFRC522. Jika tag RFID dengan ID “04656312d10d80” terdeteksi dan lampu LED dalam kondisi mati, maka program akan menghidupkan lampu dan mengubah variabel kondisi menjadi true. Kemudian, jika tag RFID yang sama didekatkan kembali dan lampu LED dalam kondisi menyala, maka program akan mengubah variabel kondisi menjadi false.

Perhatikan bahwa program ini hanya menghidupkan lampu LED sederhana. Namun, dengan beberapa modifikasi, Anda dapat menggunakannya untuk mengendalikan perangkat lain yang lebih kompleks seperti motor, pompa, atau perangkat lain yang memerlukan daya yang lebih besar.

Dalam hal keamanan, pastikan bahwa tag RFID Anda hanya dapat dibaca oleh modul MFRC522 yang terhubung ke Arduino Uno. Ini dapat dicapai dengan memperbarui kode program Anda untuk mengaktifkan mode anti-collision. Dalam mode ini, modul RFID hanya akan membaca tag RFID yang ditempatkan paling dekat dengan pembaca, yang berarti bahwa jika tag RFID lain ditempatkan di antara pembaca dan tag RFID Anda, modul RFID tidak akan membaca tag RFID Anda.

Dalam kesimpulannya, KTP Elektronik dapat digunakan sebagai tag RFID untuk mengendalikan perangkat elektronik seperti lampu, motor, pompa, dan sebagainya. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menghidupkan lampu dengan KTP Elektronik sebagai tag RFID. Namun, ingatlah bahwa penggunaan KTP Elektronik sebagai tag RFID harus dilakukan dengan hati-hati dan pastikan bahwa sistem yang Anda bangun aman dan terlindungi dari akses yang tidak sah. Semoga artikel Arduino RFID KTP Elektronik ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top