Arduino “python”: executable file not found in $PATH MacOS

Arduino "python": executable file not found in $PATH MacOS

Pada saat saya melakukan kompilasi sebuah program arduino yang menggunakan board ESP32, maka muncul error exec: “python”: executable file not found in $PATH. Ini terjadi karena ESP32 menggunakan dapat python dalam beberapa kasus.

Disini saya menggunakan MacOS dengan aplikasi Arduino IDE versi 2.2.1 dimana versi ESP32 Board adalah 1.0.6. Dibawah ini adalah panduan untuk memperbaiki error tersebut.



Cara perbaiki

Install Python3 (dalam kasus saya). Untuk melakukan Instalasi, dapat pergi ke halaman python disini. Setelah instalasi selesai, tambahkan python ke PATH dengan menggunakan terminal dengan perintah:

sed -i -e 's/=python /=python3 /g' ~/Library/Arduino15/packages/esp32/hardware/esp32/*/platform.txt

*/platform.txt menunjukan versi dari esp32 yang kita gunakan. Misalnya saya gunakan versi 1.06, maka perintahnya adalah:

sed -i -e 's/=python /=python3 /g' ~/Library/Arduino15/packages/esp32/hardware/esp32/1.0.6/platform.txt

Catatan: Perintah sed yang kita gunakan disini berguna untuk mengganti semua kata string =python menjadi =python3 dalam file platform.txt yang terletak ada di file ~/Library/Arduino15/packages/esp32/hardware/esp32/1.0.6/.

Setelah itu, restart aplikasi Arduino IDE anda dan error akan hilang. Semoga artikel Arduino “python”: executable file not found in $PATH MacOS ini bermanfaat.

Similar Posts