Apa itu Supercomputer? Beserta contohnya

Penjelasan Superkomputer

Apa itu Supercomputer? – Superkomputer adalah komputer yang termasuk di antara komputer terkuat dan tercepat di dunia. Komputer-komputer ini biasanya digunakan untuk aplikasi ilmu pengetahuan dan teknik yang membutuhkan kekuatan komputasi yang sangat tinggi, seperti simulasi, analisis data, dan pembelajaran mesin.

Mereka sering digunakan di institusi penelitian, lembaga pemerintah, dan perusahaan besar untuk menangani beberapa tugas yang paling kompleks dan intensif secara komputasi. Superkomputer umumnya jauh lebih mahal dan lebih besar daripada jenis komputer lainnya, dan memerlukan fasilitas khusus dan tenaga ahli yang terlatih untuk mengoperasikan dan memelihara mereka.

Apa itu Supercomputer? Beserta contohnya
Contoh supercomputer Summit

Superkomputer dibedakan dari komputer biasa atau komputer klien (client) dengan kemampuannya yang sangat tinggi dalam mengolah data. Kemampuan ini diperoleh dari jumlah prosesor yang sangat banyak, kecepatan prosesor yang tinggi, dan memori yang besar. Selain itu, superkomputer juga menggunakan sistem jaringan yang canggih untuk mengirim dan menerima data dengan cepat.


Kapan dan dimana superkomputer digunakan?

Superkomputer biasanya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data dalam jumlah besar dan cepat, seperti simulasi cuaca, simulasi kejadian bencana alam, dan penelitian ilmu pengetahuan. Mereka juga dapat digunakan untuk keperluan militer, seperti simulasi pertempuran dan analisis intelijen.

Namun, superkomputer tidak hanya digunakan untuk aplikasi ilmiah dan militer. Mereka juga dapat digunakan dalam bidang bisnis, seperti analisis pasar dan pemodelan bisnis.

Meskipun superkomputer memiliki kemampuan yang sangat tinggi, mereka juga sangat mahal untuk dibeli dan dioperasikan. Mereka biasanya hanya tersedia di institusi penelitian atau perusahaan besar yang memiliki anggaran yang cukup untuk membeli dan mengoperasikan superkomputer.


GPU (Graphics Procesing Unit)

Perkembangan terbaru dalam superkomputer adalah kemampuan untuk menggunakan prosesor grafis (GPU) untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan. GPU adalah prosesor khusus yang dapat menangani banyak operasi matematika secara paralel, sehingga dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan superkomputer.

Superkomputer juga menjadi lebih hemat energi dalam beberapa tahun terakhir, dengan menggunakan teknologi yang lebih efisien dan mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan dan memelihara superkomputer.

Meskipun superkomputer masih terbatas hanya untuk institusi penelitian dan perusahaan besar, teknologi ini terus berkembang dan diharapkan dapat tersedia untuk penggunaan yang lebih luas di masa depan.


Contoh Superkomputer

Beberapa contoh superkomputer yang ada di dunia saat ini termasuk:

  1. Summit, di Oak Ridge National Laboratory, Amerika Serikat. Ini adalah superkomputer tercepat di dunia saat ini, dengan kecepatan pemrosesan hingga 200 petaflops (miliaran operasi per detik). Summit digunakan untuk aplikasi ilmiah seperti simulasi cuaca, penelitian ilmu pengetahuan, dan analisis data genomik.
  2. Sierra, di Lawrence Livermore National Laboratory, Amerika Serikat. Ini adalah superkomputer kedua tercepat di dunia, dengan kecepatan pemrosesan hingga 94 petaflops. Sierra digunakan untuk aplikasi ilmiah seperti simulasi pertempuran, simulasi bencana alam, dan analisis data genomik.
  3. Sunway TaihuLight, di National Supercomputing Center, Cina. Ini adalah superkomputer ketiga tercepat di dunia, dengan kecepatan pemrosesan hingga 93 petaflops. Sunway TaihuLight digunakan untuk aplikasi ilmiah seperti simulasi cuaca, simulasi bencana alam, dan penelitian ilmu pengetahuan.
  4. Piz Daint, di Swiss National Supercomputing Centre, Swiss. Ini adalah superkomputer keempat tercepat di dunia, dengan kecepatan pemrosesan hingga 25 petaflops. Piz Daint digunakan untuk aplikasi ilmiah seperti simulasi cuaca, simulasi bencana alam, dan penelitian ilmu pengetahuan.
  5. Fugaku, di RIKEN Center for Computational Science, Jepang. Ini adalah superkomputer kelima tercepat di dunia, dengan kecepatan pemrosesan hingga 19 petaflops. Fugaku digunakan untuk aplikasi ilmiah seperti simulasi cuaca, simulasi bencana alam, dan penelitian ilmu pengetahuan.

Ini hanya beberapa contoh superkomputer yang ada di dunia saat ini. Ada banyak superkomputer lain yang tersebar di seluruh dunia dan digunakan untuk berbagai macam aplikasi ilmiah dan teknik.

Semoga artikel Apa itu Supercomputer ini dapat menambah wawasan kita bersama. Berikut adalah beberapa tutorial terkait komputer lainnya:

Similar Posts