Apa itu Penyakit OCD? Berikut Penjelasannya

Penjelasan Penyakit OCD

Apa itu Penyakit OCD? – Penyakit OCD (Obsessive-compulsive disorder) adalah penyakit gangguan kecemasan yang ditandai oleh adanya obsesi (Cognitive Behavioral Therapy (CBT)pikiran yang terus-menerus dan tidak dapat dihindari) dan tindakan kompulsif (tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk menghilangkan kecemasan).

Orang yang menderita penyakit OCD mungkin merasa tertekan untuk melakukan tindakan kompulsif yang tidak masuk akal, seperti memeriksa sesuatu berkali-kali atau membersihkan sesuatu secara berlebihan, karena mereka merasa terobsesi dengan pikiran tersebut.

Namun, meskipun tindakan kompulsif mungkin dapat mengurangi kecemasan sementara waktu, mereka biasanya tidak efektif dalam jangka panjang dan dapat mengambil waktu yang sangat lama dan menghalangi aktivitas sehari-hari.

Apa itu Penyakit OCD?

Simptom OCD

Simptom-simptom OCD dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi obsesi umumnya meliputi pikiran yang terus-menerus tentang kontaminasi, kehilangan, kekurangan, atau kehancuran.

Tindakan kompulsif yang umum termasuk memeriksa sesuatu berkali-kali, membersihkan atau mensterilisasi sesuatu secara berlebihan, atau melakukan sesuatu dengan cara yang teratur atau simetris.

Orang yang menderita OCD mungkin juga merasa tertekan untuk melakukan tindakan kompulsif yang tidak masuk akal, seperti membatalkan atau menghitung sesuatu secara berlebihan.

OCD dapat menjadi sangat mengganggu bagi kehidupan seseorang dan dapat menyebabkan kesulitan dalam bekerja, belajar, atau bahkan melakukan kegiatan sehari-hari yang biasa.


Terapi OCD

Meskipun tidak ada obat yang dapat menyembuhkan OCD, terapi yang efektif tersedia untuk membantu orang yang menderita gangguan ini mengelola simptom-simptomnya.

Terapi yang paling sering digunakan adalah terapi perilaku kognitif atau Cognitive Behavioral Therapy (CBT), yang mencoba untuk mengubah cara berpikir dan mengubah tindakan yang tidak sehat.

Medikasi juga dapat digunakan untuk mengurangi simptom-simptom OCD, terutama jika digunakan bersama dengan terapi.


Kesimpulan

OCD adalah gangguan yang sering terlalu disembunyikan atau tidak diakui, tetapi jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda merasa menderita OCD atau mengalami simptom-simptom yang mengganggu. Dengan terapi yang tepat dan dukungan yang tepat, banyak orang yang menderita OCD dapat mengelola simptom-simptomnya dan menjalani kehidupan yang lebih sejahtera.

Semoga artikel apa itu penyakit OCD ini dapat menambah wawasan kita bersama.


Baca juga:

Similar Posts