Apa itu IntelliSense VSCode? Cara Aktifkannya

Apa itu IntelliSense VSCode dan Cara Aktifkannya
Ilustrasi IntelliSense – James

Apa itu IntelliSense pada VSCode? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh programmer pemula, ketika memulai melakukan pemrograman dengan VSCode. Untuk itu, pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang istilah tersebut yang sering muncul saat menggunakan Visual Studio Code.


Tentang IntelliSense

IntelliSense adalah salah satu fitur yang sangat membantu bagi programmer dalam mempercepat penulisan kode pada editor kode seperti Visual Studio Code dari Microsoft. Fitur ini sering digunakan pada berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, Java, C++, dan lainnya.

IntelliSense bekerja dengan cara memberikan saran otomatis, penyelesaian kode, dan informasi tentang fungsi dan objek yang tersedia. Hal ini dapat membantu programmer mengurangi kesalahan penulisan kode dan mempercepat waktu penulisan kode.


Bagaimana IntelliSense Bekerja?

IntelliSense bekerja dengan cara membaca kode yang telah ditulis serta tipe data dan struktur kode lainnya, untuk memberikan saran dan penyelesaian yang sesuai untuk kode yang sedang ditulis. Misalnya, ketika Anda sedang mengerjakan projek javascript dan mengetik “document.” di IDE, maka fitur IntelliSense akan menampilkan daftar properti dan metode yang tersedia untuk objek “document”.

IntelliSense pada VSCode juga dapat memperkirakan jenis variabel, fungsi, dan objek yang sedang digunakan. Ini sangat membantu bagi programmer dalam menulis kode yang lebih efisien dan efektif.


Fitur IntelliSense pada VSCode

IntelliSense pada VSCode memiliki beberapa fitur yang sangat membantu bagi programmer pemula maupun yang sudah berpengalaman. Berikut ini adalah beberapa fitur IntelliSense:

  1. Penyelesaian Kode Otomatis
    Fitur ini membantu programmer dalam menyelesaikan kode dengan cepat dan akurat. Misalnya, ketika Anda mengetik “con” pada VSCode, IntelliSense akan menampilkan saran otomatis seperti “console” pada JavaScript. Anda dapat menekan tombol Tab untuk memilih saran otomatis tersebut dan IntelliSense akan menyelesaikan kode tersebut dengan tepat.
  2. Pencarian Fungsi dan Metode
    IntelliSense pada VSCode dapat mencari fungsi dan metode yang tersedia di dalam kode. Ini sangat membantu bagi programmer yang lupa atau tidak yakin tentang nama fungsi atau metode yang ingin mereka gunakan. Misalnya, ketika Anda ingin menggunakan fungsi “Math.round()” pada JavaScript, Anda dapat mengetik “Math.” dan IntelliSense akan menampilkan daftar fungsi dan metode yang tersedia pada objek “Math”.
  3. Informasi Dokumentasi
    IntelliSense pada VSCode juga menyediakan informasi dokumentasi tentang fungsi dan objek yang tersedia pada kode. Ini sangat membantu bagi programmer yang ingin memahami fungsi atau objek yang sedang digunakan. Misalnya, ketika Anda mengetik “document.” pada JavaScript, IntelliSense akan menampilkan informasi dokumentasi tentang objek “document” seperti properti dan metode yang tersedia.
  4. Analisis Tipe Variabel
    IntelliSense pada VSCode dapat menganalisis tipe variabel yang digunakan dalam kode. Ini sangat membantu bagi programmer yang ingin memahami jenis variabel yang sedang digunakan. Misalnya, ketika Anda mengetik “let a = 10;” pada JavaScript, IntelliSense akan menampilkan informasi tentang fitur IntelliSense pada VSCode:
  5. Analisis Tipe Variabel (lanjutan)
    IntelliSense pada VSCode dapat menganalisis tipe variabel yang digunakan dalam kode. Ini sangat membantu bagi programmer yang ingin memahami jenis variabel yang sedang digunakan. Misalnya, ketika Anda mengetik “let a = 10;” pada JavaScript, IntelliSense akan menampilkan informasi bahwa variabel “a” adalah tipe data “number”.
  6. Pemformatan Kode Otomatis
    IntelliSense pada VSCode dapat membantu programmer dalam memformat kode secara otomatis. Misalnya, ketika Anda mengetik “if(a==1)” pada JavaScript, IntelliSense akan menampilkan pilihan untuk memformat kode menjadi “if (a == 1)”.

Baca juga : Beda Arduino IDE dan VSCode (Arduino Microsoft dan PlatformIO)


Cara Mengaktifkan IntelliSense pada VSCode

IntelliSense pada VSCode dapat diaktifkan dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya:

  1. Pastikan Anda telah menginstal ekstensi untuk bahasa pemrograman yang ingin Anda gunakan. Ekstensi ini dapat diunduh melalui menu “Extensions” pada VSCode.
  2. Pastikan fitur “Editor: Auto Suggest” diaktifkan pada pengaturan VSCode. Fitur ini dapat diaktifkan dengan membuka menu “Preferences: Open User Settings” pada VSCode, kemudian ketik “auto suggest” pada kolom pencarian. Pastikan opsi “Editor: Auto Suggest” diaktifkan.
  3. Aktifkan opsi “Editor: Quick Suggestions” pada pengaturan VSCode. Fitur ini dapat diaktifkan dengan membuka menu “Preferences: Open User Settings” pada VSCode, kemudian ketik “quick suggestions” pada kolom pencarian. Pastikan opsi “Editor: Quick Suggestions” diaktifkan.
  4. Aktifkan opsi “Editor: Parameter Hints” pada pengaturan VSCode. Fitur ini akan menampilkan petunjuk tentang parameter fungsi yang sedang digunakan. Opsi ini dapat diaktifkan dengan membuka menu “Preferences: Open User Settings” pada VSCode, kemudian ketik “parameter hints” pada kolom pencarian. Pastikan opsi “Editor: Parameter Hints” diaktifkan.

Hingga saat ini, IntelliSense adalah fitur yang sangat disukai oleh sebagian besar programmer karena sangat membantu bagi programmer dalam mempercepat penulisan kode pada editor kode seperti pada Visual Studio Code. Fitur ini menyediakan saran otomatis, penyelesaian kode, dan informasi tentang fungsi dan objek yang tersedia.

Similar Posts