Apa itu File .DS_Store serta Fungsinya

Jika kita sedang membuat sebuah proyek menggunakan macOS dan memanajemen kode program kita menggunakan GIT, mungkin kita akan menemui file yang namanya .DS_Store. Lalu apa gunanya file ini dan mengapa dia ada di kode kita. Artikel ini akan membahas apa itu file .DS_Store serta fungsinya pada laptop berbasis macOS.



Apa itu File .DS_Store?

File .DS_Store adalah file metadata yang dibuat oleh Finder, manajer file default di macOS. Nama .DS_Store berasal dari “Desktop Services Store”. Setiap folder di macOS dapat memiliki file .DS_Store yang menyimpan informasi terkait tampilan folder, tata letak ikon, dan pengaturan lainnya yang spesifik hanya untuk folder tersebut.



Fungsi dan Informasi yang Disimpan

  1. Tata Letak Ikon: File .DS_Store menyimpan informasi tentang tata letak ikon di dalam folder. Ini termasuk posisi, ukuran, dan atribut visual lainnya dari ikon-ikon yang mungkin ada dalam folder tersebut.
  2. Pengaturan Tampilan: File ini mencakup pengaturan tampilan spesifik untuk folder tertentu, seperti ukuran ikon, urutan tampilan, dan opsi tampilan lainnya yang dapat diatur melalui Finder.
  3. Atribut Kustom: Informasi tambahan, seperti warna label atau atribut kustom lainnya yang diberikan pengguna pada item dalam folder, juga dapat disimpan di dalam file .DS_Store.


Mengatasi Masalah saat menggunakan GIT

Meskipun file .DS_Store berguna untuk menyimpan preferensi tampilan folder, tetapi ia tidak kita gunakan sebagai bagian dari kode program. Terutama ketika kita submit kode ke git, akan selalu terbaca file ini seperti pada gambar berikut:

Apa itu File .DS_Store serta Fungsinya

Solusi: .gitignore

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan file .DS_Store ke dalam file .gitignore proyek Anda. Ini akan menghindari file tersebut agar tidak ikut serta dalam repositori Git. Berikut adalah contoh pengaturan dalam file .gitignore:

# Ignore DS_Store files
.DS_Store

Meskipun file .DS_Store mungkin tidak menjadi masalah dalam kita membuat kode program, namun selalu akan menjadi kendala pada GIT dimana ini selalu tampil pada daftar perubahan GIT. Semoga artikel Apa itu File .DS_Store serta Fungsinya ini bermanfaat.

Similar Posts