Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran dan Package Resistor Yang Sering Digunakan

Paket dan Ukuran Resistor - Pada awal ditemukan resistor, jenis resistor yang memiliki dua kaki merupakan resistor yang dipakai di seluruh perangkat elektronik. Namun karena semakin berkembangnya teknologi, resistor pun berevolusi. Ukuran resistor yang dibuat semakin kecil, maka di desain sedemikian rupa sehingga dudukannya dapat menempel di PCB dengan ukuran yang kecil juga.
Berdasarkan ukuran pembungkus atau body pada resistor, saat ini di bagi atas 3 kelompok atau dengan bahasa inggris istilahnya “Package”. Yang dimaksud dengan paket di sini adalah kelompok yang berdasarkan bentuk dan ukuran dari resistor tesebut teman-teman. Ada 3 jenis paket yang di miliki resistor yaitu SMD (Surface Mount Technology), Axial, dan MELF (Metal Electrode Leadless Face).
Resistor SMD yaitu jenis resistor tempel pada PCB, dengan bentuk persegi panjang dan tipis. Resistor Axial adalah resistor yang memiliki kaki atau lead. Sedangkan Resistor MELF adalah resistor berbetuk resistor Axial tetapi tanpa kaki dan termasuk resistor yang nempel pada PCB seperti resistor SMD. Untuk jelasnya teman-teman dapat lihat pada gambar berikut.

Gambar 1. Tipe Resistor

Tabel Kode Resistor SMD

Resistor SMD dan MELF sering digunakan pada perangkat-perangkat dual layer yang kecil, karena ukurannya yang kecil dan posisi solder adalah langsung pada PCB tanpa lubang, resistor ini digunakan hampir di seluruh perangkat elektronik digital seperti komputer, smartphone, TV LCD dan lainnya. Ukuran resistor SMD di tandai dengan kode angka numerik seperti 0805. Angka numerik tersebut mengandung ukuran panjang dan lebar sebuah resistor. Sebagai contoh resistor dengan ukuran paket 0805, artinya resistor ini memiliki panjang 0.08″ dan lebar 0.05″. Perhatikan gambar berikut.

Dari tabel di atas, teman-teman bisa lebih mudah mendesain perangkat-perangkat elektronik. Semakin kecil ukuran resistor, semakin kecil pula kemampuan daya yang dimilikinya.

Untuk ukuran dari resistor Axial dan MELF, saat ini saya belum bisa menuliskannya di sini teman-teman, karena saya belum menemukan ukuran standar dari resistor ini. Namun dari pengalaman saya, ukuran antar kaki resistor Axial ini berkisar antara 0.8 – 1.2 cm dengan daya <1 watt.  Untuk lebih jelasnya, silahkan teman-teman melihat datasheet dari resistor yang digunakan. 

Post a Comment for "Ukuran dan Package Resistor Yang Sering Digunakan"