Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial 2.4″ TFT LCD Shield Arduino (1. Perkenalan Dan Konfigurasi Pin)

Daftar Tutorial 2.4″ TFT LCD Shield Arduino:

2.4″ TFT LCD Shield Arduino – TFT LCD atau Thin-Film Transistor Liquid Crystal Display adalah layar LCD yang terbuat dari sekumpulan transistor, dimana satu transistor akan mengontrol satu piksel. Piksel adalah titik terkecil LCD yang mana ia mewakili satu blok warna. Ini adalah modul LCD 2.4″ TFT LCD Shield Arduino  dengan format resolusi layar 320*240 piksel.

LCD ini mampu menampilkan tampilan warna RGB. Resolusi 320*240 artinya terdapat 76.800 piksel, yang tersusun secara vertikal 320 piksel dan horizontal 240 piksel. Piksel ini dibentuk oleh piksel kristal cair yang mana akan berubah cahaya ketika diberi tegangan listrik. LCD ini juga dilengkapi dengan SD Card yang berguna untuk menyimpan atau menampilkan gambar yang ada di SD Card. Dilengkapi dengan fitur layar sentuh, LCD ini semakin cocok untuk digunakan sebagai interface pengganti tombol. Dengan menggunakan Arduino, anda bisa membuat projek yang banyak menggunakan LCD ini.

Sebagai contoh:
- Televisi mini
- Jam digital
- Speedometer
- Layar handphone
- Sistem kontrol rumah
- Game station mini
- Kamera poket
- Kalkulator
- Tampilan lokasi GPS
- Tampilan cuaca
dan masih banyak lagi.

LCD yang dibahas pada tutorial ini adalah 2.4″ TFT LCD yang memiliki alamat/address dengan ID 0x2035. Dengan 2 IC HC245 sebagai Octal Bus Transceiver, LCD ini mampu melakukan buffer dan mengirimkan data dengan kecepatan tinggi. Transceiver artinya IC ini mampu melakukan komunikasi dua arah, transmitter (mengirim) dan receiver (menerima). Semakin tinggi kecepatan maka semakin banyak data yang bisa di kirim. LCD TFT ini belum bisa berkomunikasi via SPI, jadi pin SPI yang tersedia hanya untuk SD Card saja. Untuk konfigurasi pin ditunjukkan seperti pada gambar berikut:
Penjelasan:
- Pin 5V, 3.3V dan Gnd berguna untuk menyuplai arus listrik ke LCD
- LCD_RST adalah pin Reset LCD
- LCD_CS adalah pin Chip Select
- LCD_RS adalah pin Register Select
- LCD_WR adalah pin Write Data
- LCD_RD adalah pin Read Data
- LCD_D0 – D8 adalah pin yang berguna untuk mengirimkan data 8-bit ke TFT LCD secara paralel.
- Pin D0 sebagai LSB dan D8 sebagai MSB.
- SD_SS adalah pin Select Slave (SPI)
- SD_DI adalah pin MOSI (SPI)
- SD_DO adalah pin MISO (SPI)
- SD_SCK adalah pin Clock (SPI)

Bagaimana caranya kita gunakan LCD ini dengan kontrollernya adalah Arduino? Selanjutnya akan kita bahas mengenai libray yang akan kita gunakan untuk bisa menampilkan tulisan juga gambar pada LCD ini. Baca Tutorial 2.4″ TFT LCD Shield Arduino (2. Menampilkan Font).

Post a Comment for "Tutorial 2.4″ TFT LCD Shield Arduino (1. Perkenalan Dan Konfigurasi Pin)"