Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Stray 302 in program pada Arduino

A. Latar Belakang

Cara Mengatasi stray 302 in program pada Arduino – Kali ini saya ingin berbagi tentang error yang tidak biasa saya alami. Ketika saya sedang membuat program di arduino IDE.

Kemudian program yang saya buat, saya kompile untuk mendapatkan hasil, namun terdapat error. Error yang ditampilkan disini tidak biasa, saya belum pernah mendapatkan error seperti ini.

Tulisan errornya adalah stray 302 in program. Perhatikan gambar dibawah ini.

How to fix stray 302 Arduino, Cara Memperbaiki stray 302 in program pada Arduino

Setelah mencari dari berbagai referensi, error stray 302 in program ini terjadi karena kita copy paste tulisan dari pengolah data lain ke arduino IDE kita.

Benar saja, saya mengambil tulisan tersebut dari google translate kemudian saya paste-kan ke arduno IDE. Penyebabnya adalah, ketika saya paste, kode ASCII  ikut masuk ke dalam arduino IDE.

Beberapa kode yang menyebabkan error biasanya adalah spasi & tanda petik (" ").

B. Cara memperbaikinya stray 302

1. Untuk Spasi

Hapus spasi di awal dan di akhir dari baris yang error, kemudian pada Arduino IDE, pilih menu Tools > Auto Format. Disini permasalahan saya teratasi. Jika masih ada error yang muncul, cek kembali spasi yang mungkin ada di tengah kalimat masih belum terhapuskan.

2. Untuk tanda kutip

Ganti tanda kutip hasil copy paste dari website seperti “  ” menjadi " ".

Tips:

Jika anda ingin mengganti kesuluruhan tulisan yang error, anda dapat menggunakan fitur "Find and Replace" dengan cara tekan CTRL + F pada Arduino IDE, kemudian masukkan kata yang ingin di ganti pada form "Find" dan masukkan kata baru yang akan menggantikan kata yang salah pada form "Replace with", kemudian klik button "Replace All".

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Stray 302 in program pada Arduino"