Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Singkat Resistor


Penjelasan Singkat Resistor – Resistor adalah salah satu komponen pasif yang berfungsi sebagai penghambat aliran arus listrik didalam rangkaian listrik. Di katakan komponen pasif karena resistor ini tidak membutuhkan sumber energi dari komponen lain untuk dapat menghambat arus listrik. Resistor ini merupakah komponen elektronik paling dasar yang harus teman-teman pelajari. Karena penggunaan komponen ini pada elektronik tidak dapat di lepaskan. Hampir di seluruh rangkaian pasti membutuhkan resistor. Nilai saturan dari resistor ini adalah “Ohm”  Ω. Pada Gambar 1 terdapat dua lambang resistor yang paling sering digunakan. Lambang resistor seperti bergerigi atau zigzag adalah lambang resistor standar Amerika dan Jepang, sedangkan persegi adalah standar Eropa.
Resistor berasal dari kata “Resist” yang artinya menolak atau menghambat. Apa yang di hambat? Jawabannya adalah arus listrik. Secara singkat, dapat kita analogikan bahwa arus listrik itu adalah air. Sedangkan Resistor itu adalah pipa air. Ketika air mengalir di dalam pipa yang bersih, maka jumlah air masuk sama dengan air yang keluar. Namun, jika pipa tersebut kotor dalamnya, banyak lumut atau terdapat gumpalan tanah, maka jumlah air yang masuk tidak sama dengan air yang keluar. Nah, pipa tadi disebut juga komponen Resist, karena ia telah menghambat aliran air dengan adanya lumut dan gumpalan tanah.

Resistor persis seperti itu teman-teman, besarnya kemampuan ia menghambat arus listrik, tergantung dengan nilai hambatannya.  Semakin besar nilai hambatannya, maka semakin besar ia menghambat arus listrik. Pada Gambar 2 merupakan bentuk fisik dari resistor yang umum di jual di pasaran.

Resistor ini di bagi dua jenis teman-teman. Resistor dengan nilai hambatannya tetap dan resistor dengan nilai hambatannya yang dapat berubah-ubah. Resistor dengan nilai tetap disebut dengan Fixed Resistor sedangkan resistor dengan nilai hambatannya dapat diubah disebut dengan Variable Resistor. Fixed Resistor ini sangat banyak turunannya atau jenisnya tegantung pada bahan penyusun resistor itu sendiri, namun secara umum berdasarkan bahan pembuatannya, saat ini dibagi atas empat kelompok besar, yaitu:
- Resistor Karbon (resistor yang dibuat dengan bahan karbon)
- Resistor Film (resistor yang dibuat dengan bahan metal oxide biasanya berdaya rendah)
- Resistor Wire-wound (resistor yang dibuat dengan lilitan kawat biasanya berdaya tinggi)
- Resistor Semikonduktor (resistor yang dibuat dengan bahan semikonduktor).

Post a Comment for "Penjelasan Singkat Resistor"