Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Arduino Minimalis Menggunakan Kicad

Membuat Arduino Minimalis Menggunakan Kicad, How to make Own Arduino, DIY Arduino, Arduino Kicad

A. Latar Belakang

Membuat Arduino Sendiri – Sebagai konsumer elektronik, kita tentu sudah mengetahui berbagai jenis arduino, mulai arduino uno, nano, micro, mega dan lainnya.

Dari perusahaan Asli Italia hingga home industri china telah banyak mengeluarkan arduino ini karena rangkaian yang bersifat open source. Pada kesempatan kali ini, saya ingin share kepada teman-teman, bagaimana kita bisa membuat arduino milik kita dengan nama kita sendiri.

Saya telah menguji rangkaian yang ada di projek ini dan telah berhasil. Namun yang perlu di garis bawahi di sini adalah rangkaian ini merupakan rangkaian minimum saja dari ATmega328-PU.

Arduino ini saya desain menggunakan aplikasi Kicad. Kicad ini merupakan aplikasi desain PCB open source alias gratis teman-teman.

Dari fitur desain skematik, membuat library sendiri,  desain PCB, membuat footprint sendiri, 3D Viewer komponen, membuat PCB hingga 6 layer, gerber viewer, peralatan kalkulator rangkaian, dll.

Fiturnya tidak kalah dengan aplikasi desain PCB yang berbayar. Saya lebih menyukai menggunakan aplikasi ini dibandingkan dengan Eagle karena tidak ada limit desain.

Membuat arduino sendiri merupakan kepuasan bagi kita karena dengan ini kita bisa membuat desain sesuai selera dan bisa menambah logo kita sendiri. Ada 3 langkah dalam pembuatan arduino ini, yaitu desain skematik, desain PCB dan cetak PCB.

B. Membuat skematik

Teman-teman bisa mengikuti rangkaian berikut. Rangkaian dibawah ini sudah saya coba sendiri dan berhasil, namun jika teman-teman ingin menambahkan fitur silahakan saja sesuai keinginan.

C. Desain PCB

Dari rangkaian di atas saya membuat PCB 2 layer menggunakan aplikasi Kicad, namun di sini saya belum menggunakan komponen SMD teman-teman, jadi bagi teman-teman yang masih pemula.

Ini projek yang sangat cocok untuk memulai membuat arduino sendiri. Hasil desain PCB dapat teman-teman lihat pada gambar dibawah.


Salah satu fitur yang sangat saya sukai pada aplikasi desian PCB Kicad ini adalah, 3D Viewer. Fitur ini memungkinkan kita melihat gambaran hasil akhir Desain PCB kita dalam bentuk 3D.

Teman-teman bisa melihat hasil ahir dari projek ini seperti pada gambar diawal artikel ini.

D. Mencetak PCB ke Jasa Cetak PCB

Setelah desain selesai, saya cetak desain PCB ini ke jasa desian PCB. Teman-teman yang masih pemula dan masih bingung dimana bisa mencetak PCB dengan kualitas bagus, saya sarankan dua website berikut JLCPCB dan PCBWAY karena saya pernah memesan disana.

Ini perusahaan di China, saya dapati harganya sangat murah. Di Indonesia saya belum mendapati Jasa Cetak PCB Murah. Hasilnya cetak PCB yang sudah saya pesan adalah seperti pada rangkaian di bawah.


Untuk pemrograman uC ATtemga328 ini saya menggunakan Arduino sebagai ISP teman-teman.

Silahkan teman-teman baca secara lengkap Arduino ISP diwebsite resmi arduino disini.

Sekian yang dapat saya share, jika teman-teman memiliki kritik saran dan pertanyaan, bisa mengisi di kolom komentar dibawah.

Post a Comment for "Membuat Arduino Minimalis Menggunakan Kicad"