Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Fritzing di Linux Ubuntu

Fritzing merupakan salah satu software yang sangat digemari dalam dunia elektronik yang memiliki kemampuan untuk menampilkan rangkaian dengan bentuk fisik komponen yang menyerupai aslinya. Selain berguna untuk merangkai komponen, frtizing juga memiliki fitur membuat skematik dan PCB desain.


Jika anda menggunakan platform Windows, untuk install software ini sangat mudah, cukup dengan mendownload file dengan extensi .exe, anda dengan mudah menyelesaikan instalasinya. Namun bagaimana dengan anda yang menggunakan platform Linux, sebagian teman-teman mungkin kesulitan dalam melakukan instalasi extensi file .tar.bz2.

Salah satu cara yang mudah adalah menggunakan terminal, cukup dengan baris perintah dibawah ini, semua bisa terselesaikan. Pada tutorial ini saya install software pada Ubuntu 19.04.


$ sudo apt install fritzing fritzing-data fritzing-parts

1. Buka terminal linux Ubuntu anda, copy baris perintah diatas, kemudian pastekan ke terminal. Kemudian tekan Enter

2. Maka akan ada keluar dialog dengan pertanyaan Do you want to continue? [Y/n]. Silahkan ketikkan huruf Y, kemudian Enter.

3. Akan ada proses download pada terminal, silahkan tunggu hingga download selesai. Setelah download selesai, terminal akan menjalalankan proses installasi secara otomatis, hingga proses selesai seperti pada gambar dibawah ini.

4. Instalasi berhasil, silahkan cari software Fritzing di komputer anda.

5. Silahkan buka Fritzing anda.

6. Selesai. Selamat belajar dan berkarya.

Post a Comment for "Cara Install Fritzing di Linux Ubuntu"